Momen Piala Dunia senantiasa dimanfaatkan pemasar untuk menggelar kampanye pemasaran merek. Tanpa terkecuali pada Piala Dunai 2018 ini, di mana pemasar akan mencari peluang terbaik untuk menjangkau pemirsa yang memiliki engagement di kompetisi sepak bola dunai tersebut.
Studi tentang tren konsumsi TV harian bagi penggemar Piala Dunia di seluruh dunia oleh Global Web Index menunjukkan bahwa Linear TV atau TV konvensional masih menguasai lansekap media. Akan tetapi, konsumsi pemirsa (fans) terhadap TV online semakin meningkat. Terbukti, 38% dari total waktu menonton Piala Dunia 2018 dilakukan penggemar melalui TV online setiap harinya. Itu artinya, sepertiga waktu menonton Piala Dunia dilakukan lewat TV online.
Sementara itu, penggemar Piala Dunia Amerika Utara menonton TV online paling banyak setiap hari (dengan rata-rata 1,39 jam per hari). Hal itu didorong oleh keberhasilan Netflix di wilayah tersebut. Di kawasan Timur Tengah dan Afrika, fans Piala Dunia menghabiskan rata-rata 1,07 jam per hari untuk menonton TV online, dibandingkan dengan 2,03 jam di TV linier.