Memanfaatkan tren gaya hidup sehat sebagai inovasi produk rupanya menjadi langkah yang tepat bagi PT LG Electronics Indonesia dalam menggarap pasar elektronik. Terbukti, produsen elektronik asal Korea itu merilis kenaikan penjualan lemari es berfitur sehat-nya, LG Green Health Plus, sebesar 12% hingga September 2012 lalu. Bahkan, lemari es LG berfitur sehat tersebut tercatat cukup berkontribusi terhadap total penjualan lemari es LG di sepanjang tahun ini.
Lemari es LG Green Health Plus berkontribusi hampir separuh dari total penjualan lemari es LG secara keseluruhan, yaitu sebesar 42%.
Menurut rekaman Growth for Knowledge (GFK), sebuah lembaga riset pasar independen kelas global, LG tercatat sebagai pemimpin pasar lemari es di Indonesia. “Fakta ini menjadi indikasi terjadinya pergeseran gaya hidup konsumen Indonesia. Masyarakat kian sadar pentingnya menjaga kesehatan,” ujar Adrian Hartanto, Product Marketing Refrigerator LG Electronics Indonesia dalam keterangan resminya (15/10).
Jajaran lemari LG Green Health Plus tak cuma menjaga keberadaan nutrisi bahan makanan lebih lama, namun juga memberi perlindungan terhadap bahan makanan yang tersimpan di dalamnya dari kemungkinan keberadaan kuman dan bakteri. ”Pada akhirnya, masyarakat pun kian cermat memilih perangkat rumah tangga, termasuk lemari es. Tak cukup lagi hanya memiliki fungsi praktis, tetapi harus juga memiliki fitur penunjang gaya hidup sehat,” lanjut Adrian.
Catatan gemilang penjualan lemari es LG Green Health Plus ini datang dari lemari es dua Pintu (Two Door), Big Ref dan Side-by-Side (lemari es ekstra besar). Sementara itu, wilayah Sumatera dan Jawa masih menjadi daerah persebaran utama lemari es LG berfitur sehat ini.
”Tercatat kontribusi penjualan lemari es LG Green Health Plus mengambil porsi hampir separuh dari total penjualan lemari es secara keseluruhan, yaitu sebesar 42%,” ia menutup. (Djoko Risoesanto)