Film “Filosofi Kopi” yang disponsori oleh brand kopi Torabika sepertinya menjadi salah satu indikasi bahwa tren ngopi di Indonesia makin marak. Indikasi lainnya adalah hadirnya sejumlah kedai kopi baru sebagai tongkrongan alternatif para penikmat kopi.
Tak tanggung-tanggung, para pendatang baru itu berasal dari jaringan resto terkemuka. Ya, di tengah agresifnya sang incumbent, Starbucks, disusul kemudian oleh jaringan kedai kopi Maxx Coffee milik Lippo Group, kini giliran brand teranyar jaringan coffeehouse terkemuka Amerika Serikat, Caribou Coffee, hadir di Indonesia.
Awal Desember ini (8/12), Caribou Coffee resmi dibuka di Indonesia. Kehadiran Caribou Coffee di Indonesia merupakan gerai pertamanya di Asia Tenggara. Didirikan pada tahun 1992 di Minneapolis, Minnesota, Caribou Coffee merupakan salah satu coffeehouse paling digemari di Amerika.
“Kami sangat antusias dan tidak sabar untuk membuka gerai pertama Caribou Coffee di Indonesia. Jakarta adalah kota yang masyarakatnya memiliki semangat kebersamaan yang kuat dan sangat menikmati setiap momen dalam hidupnya. Semangat ini sungguh mencerminkan Caribou Coffee dan kami tidak sabar menantikan sambutan masyarakat atas kehadiran coffeeshop kami,” ujar Chief Executive Officer Caribou Coffee Company Mike Tattersfield.
Dijelaskan Mike, Caribou Coffee berasal dari biji kopi Arabica terbaik dari seluruh dunia. “Langkah ini sebagai bagian dari komitmen kami untuk memberikan pengalaman berkualitas terbaik, yang kami sebut sebagai high quality bean to cup experience. Kami hanya menggunakan 1% biji kopi terbaik dunia. Biji kopi ini berasal dari petani dan pemasok yang memiliki 100% sertifikasi Rainforest Alliance, menjadikan Caribou Coffee sebagai jaringan coffeehouse pertama di AS yang menerapkan hal ini. Kami juga turut ambil bagian dalam menjaga planet ini dengan baik dan turut memberikan kesempatan terbaik bagi para penghasil kopi untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” tambah Mike.
Di Indonesia, Caribou Coffee beroperasi di bawah manajemen Mahadya Group, yang juga memiliki hak waralaba eksklusif untuk jaringan restoran fast casual Carl’s Jr. dan Wingstop di Indonesia. Mahadya juga mengoperasikan jaringan lifestyle supermarket-nya, LOKA.
“Asia Tenggara, khususnya Indonesia, adalah pasar yang sangat menjanjikan bagi Caribou Coffee. Mahadya memiliki rekam jejak yang kuat dalam mengelola merek-merek F&B terkemuka asal AS di Indonesia dan saya percaya mereka akan berhasil membangun dan mengembangkan merek Caribou Coffee di sini,” ujar Mike tentang mitra Indonesia-nya.
Ditambahkan Chief Operating Officer Divisi Food & Beverages Mahadya Group Mehdi Zaidi, “Di Caribou Coffee, kami percaya tentang tiga hal, yaitu uncompromised quality, extraordinary relationships, dan uplifting experiences untuk membuat setiap hari menjadi luar biasa, seize the day. Kami merayakan setiap peristiwa dalam hidup dan menghadirkan inspirasi untuk menjalani hidup yang penuh makna.”
Untuk pembukaan gerai pertamanya di Jakarta, Caribou Coffee Indonesia mengundang Global Roastmaster Nate Hrobak yang menjelaskan proses roasting dan blending, serta bagaimana mengenali karakter kopi-kopi terbaik dunia. Nate ditemani Coffee Expert Vanda Puspa dalam sesi khusus bersama media.
Mengawali kehadirannya di Indonesia, Caribou Coffee menggelar kampanye media sosial untuk menginspirasi pelanggan dengan filosofi ‘Life is Short. Stay awake for it.®’ Konsumen dapat berpartisipasi dengan mengunjungi id.cariboucoffee.com, membuat #StayAwakeFor quotes pribadi yang disukai, dan menyebarkannya melalui akun media sosial.