Sejak diluncurkan 3 Agustus 2011 silam, Danamon sudah membuka 141 cabang Solusi Emas Danamon Syariah. Jumlah itu akan dilengkapi menjadi 150 cabang sampai akhir Agustus nanti. Cabang-cabang tersebut tersebar di 85 kota pada 15 provinsi yang meliputi Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, dan Sumatera.

Solusi Emas Danamon Syariah

Dengan jaringan cabang yang luas, total pembiayaan Solusi Emas Danamon Syariah di tahun 2011 telah mencapai Rp 65 miliar. Sementara total pembiayaan sampai akhir 2012 mencapai Rp 154,4 miliar atau tumbuh sebesar 137% dalam kurun waktu enam bulan. Sampai akhir tahun 2012 ke depan, seperti diungkapkan oleh Herry Hykmanto, Direktur perbankan Syariah Danamon, mereka menargetkan bisa menghimpun total pembiayaan pada kisaran Rp200 miliar – Rp 300 miliar.

“Rata-rata pencairan per bulan dari seluruh cabang yang ada mencapai Rp 15  miliar sampai  Rp20 miliar. Pada bulan puasa, gadai emas ini biasanya mengalami kenaikan sekitar 30%,” jelasnya.

Solusi Emas Danamon Syariah ditawarkan sebagai solusi berupa pembiayaan beragunan emas (gadai emas) berbasis syariah guna memenuhi berbagai kebutuhan nasabah yang sifatnya mendesak. Misalnya untuk biaya pendidikan, biaya pengobatan, tambahan modal usaha dan lainnya.

“Hadirnya Solusi Emas Danamon Syariah ini menunjukkan posisi Danamon sebagai bank universal yang siap melayani kebutuhan nasabah di setiap segmen, terutama pada segmen mass,” ujar Henry Ho, Presiden Direktur Danamon di sela-sela acara buka puasa bersama dengan media di Jakarta. Layanan ini, lanjutnya, juga dimaksudkan untuk memberi kemudahan akses terhadap pembiayaan kepada nasabah serta mendukung penerapan program financial inclusion.

Beberapa kemudahan yang dimaksud antara lain berupa biaya titip emas yang dihitung harian, serta keamanan yang dijamin sesuai standar bank. Selain itu nasabah tidak perlu membawa uang tunai, dan dana pencairan bisa langsung ditransfer ke rekening tabungan Danamon sehingga praktis dan aman. Nasabah juga bisa langsung menerima manfaat dari layanan ini karena pembiayaan bisa cair dalam waktu 15 menit. “Kami berharap dengan selalu adanya inovasi dalam produk maupun layanan kami, Danamon dapat memberikan nilai lebih dan menjadi lebih dekat dengan para nasabah,” tambah Herry.

Selain pembiayaan beragunan emas berbasis syariah, setiap cabang Solusi Emas Danamon Syariah juga dapat menerima transaksi perbankan dari Danamon Syariah seperti pembukaan rekening, penyetoran dan pengambilan tabungan serta pembukaan deposito Danamon Syariah. Cabang “Solusi Emas” Danamon Syariah juga saat ini dapat memberikan pelayanan pengiriman dan penerimaan uang dalam dan luar negeri melalui jasa layanan Western Union.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)