Strategi CRM Watsons untuk Dongkrak Loyalitas Pelanggan

Tren bisnis ritel untuk produk kesehatan (health care) dan kecantikan (beauty) di Tanah Air menunjukkan peningkatan. Dalam beberapa tahun terakhir, menurut data yang ada, pertumbuhannya mencapai 10-11 persen.

Kondisi itu dimanfaatkan Watsons Indonesia, ritel kesehatan dan kecantikan nomor satu di Asia dan Eropa, dengan menjalankan strategi Customer Relationship Management (CRM) untuk mendongkrak loyalitas pelanggan.

Lilis Mulyawati, Presiden Direktur Watsons Indonesia, menegaskan berbagai aktivitas ke arah CRM dilakukan guna mengubah potential costumer menjadi loyal customer melalui program membership.

Terbukti dalam dua tahun, Watsons Indonesia mampu mencapai jumlah satu juta member pelanggan setia. “Satu juta member ini menandakan kepercayaan masyarakat terhadap keuntungan yang didapat jika menjadi member Watsons,” ujarnya seperti disampaikan dalam rilis yang diterima redaksi di Jakarta, Rabu (4/3).

Dijelaskan, elaborasi CRM salah satunya adalah loyalty program dengan bentuk membership Watsons dan mengusung tagline “Jadi Member Pasti Untung.” Melalui program ini, member memperoleh benevit, seperti poin setiap kali transaksi, promo diskon di gerai Watson dan online, Traveloka Experience, Prodia, Diva Karaoke, dan sejumlah gerai lainnya saat berbelanja.

Watsons juga menghadirkan program Watsons One Pass, yakni mengintegrasikan loyalty program tersebut di tujuh negara lain di Asia diantaranya Hong Kong, Macau, Mainland China, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Thailand yang memungkinkan pelanggan menikmati keuntungan promo membership di negara-negara tersebut dan tetap dapat reward poin serta promo di negara tujuan.

Bukan hanya itu, selama bulan Maret 2020 ini Watsons memberikan keuntungan lainnya untuk member, yakni “Tukar 1 poin Gratis Produk ke-2”. Caranya dengan membeli kartu membership Watsons di gerai Watsons, lalu aktifkan kartu membership. Bisa juga melalui websitewww.watsons.co.id atau mengunduh mobile app WatsonsID. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)