MIX.co.id - Produsen dan penyedia perhiasan emas terintegrasi di Indonesia, PT Hartadinata Abadi Tbk. (HRTA), berhasil mencatatkan pendapatan kotor sebesar Rp 153,71 milliar atau tumbuh 39,67% pada kuartal pertama (Q1) 2022, jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu, selama Q1 2022, Hartadinata Abadi juga mencatatkan kinerja positif, di mana total revenue mencapai Rp 1,38 trilliun.
Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi, Tbk. mengatakan, “Kinerja positif tersebut salah satunya merupakan hasil dari perkembangan bisnis yang dilakukan HRTA. Kami bekerja sama dengan PT Emas Antam Indonesia (EAI) dalam memproduksi Kencana dan EmasKITA. Selain itu, kami juga meluncurkan flagship store bernama Hartadinata Abadi Store,” papar
Ditambahkan Ong Deny, Chief Financial Officer PT Hartadinata Abadi Tbk., “Selama Q1 2022, hasil penjualan kepada pihak wholesaler memberikan kontribusi sebesar 89,81%. Sementara itu, kontribusi dari toko milik sendiri serta imbalan kemitraan mencapai 8,92%. Selain itu, ada juga tambahan pendapatan dari hasil usaha pegadaian sebesar 1,26%."
Sepanjang 2021, Hartadinata Abadi berhasil mengembangkan bisnis perseroan dengan melakukan kerja sama dengan PT Emas Antam Indonesia dengan memproduksi dan merilis EmasKITA, yang menghadirkan variasi logam mulia ukuran mikro (mikrobar) pecahan 0,1 gram dan 0,25 gram. Selain itu ada juga koleksi perhiasan berbahan emas murni bernama Kencana.
Hartadinata Abadi juga meluncurkan flagship store, “Hartadinata Abadi” Store. Gerai ini pertama kali diluncurkan di Trans Studio Mall (TSM) Bandung ini dan kini sudah terdapat enam gerai yang tersebar di Jakarta, Bandung, Tasikmalaya, dan Surabaya.
Melalui Hartadinata Abadi Store, Hartadinata ingin memberikan layanan one stop shopping bagi masyarakat yang ingin membeli produk Hartadinata secara lengkap, baik perhiasan emas 24K, Kencana, dan emas batangan EmasKITA. Bahkan, gerai itu juga menawarkan produk perhiasan emas bertahtakan berlian.
“Peluncuran Hartadinata Abadi Store di Jakarta, Bandung, Tasikmalaya dan Surabaya ini merupakan strategi kami dalam memenuhi permintaan pasar di berbagai daerah di Indonesia,” jelas Sandra.
Sepanjang 2022 ini, Hartadinata Abadi menargetkan untuk membuka minimal 10 gerai Hartadinata Abadi Store. Selain itu, hingga Juli 2022, Hartadinata Abadi menargetkan untuk memiliki total 82 toko emas yang berada di bawah jaringan PT Hartadinata Abadi Tbk.