(ki-ka) Simeon Cho, Eunjung Lee, Triawan Munaf, dan Junkoo Kim seusai peresmian LINE Creative Day, Kamis (5/11), di Jakarta.
Eunjung Lee, Senior Vice President of Global Business Division 2 LINE Plus Corporation mengungkapkan bahwa mengangkat konten lokal adalah kunci sukses dan strategi LINE di Indonesia. Selain untuk menarik user baru, konten lokal juga efektif memberikan pengalaman yang berbeda dibandingkan aplikasi social chat lainnya.
"Strategi LINE untuk market Indonesia adalah dengan memasukan konten lokal dalam layanan kami. Dengan begitu, user akan tertarik untuk mencoba LINE, dan kami juga bisa menyajikan pengalaman dan layanan terbaik untuk pengguna Indonesia," ujarnya dalam perhelatan LINE Creative Day, Kamis (5/11) di Jakarta.
Salah satu bentuk adopsi konten lokal antara lain lewat fitur stiker LINE. Selain menampilkan stiker artis-artis Indonesia seperti Raisa, Sandra Dewi, Pevita Pearce, Dian Sastro, sampai Syahrini, LINE juga memanfaatkan momentum besar seperti saat bulan Ramadhan dimana LINE menghadirkan stiker bergambar makanan-makanan khas dan kegiatan yang biasa dilakukan pengguna Indonesia saat berpuasa.
"Kami selalu mempelajari gesture seperti apa yang biasa dilakukan oleh orang-orang Indonesia, dan termasuk gesture para celebrity sticker. Karena tanpa memahami budaya Indonesia dan kepekaan perasaan pengguna Indonesia, kami tidak akan bisa dekat dengan pengguna Indonesia. Dan sampai saat ini kami masih terus mempelajari apa yang menjadi kebutuhan mereka," imbuh Lee.
Sementara, untuk menjaga market share di Indonesia, menurut Lee, tetap fokus pada pengguna adalah kuncinya. "Kami selalu yakin jika kami mendahulukan kepentingan pengguna, dan sejalan dengan usaha kami untuk selalu meningkatkan LINE Messenger dengan fitur dan layanan baru, kami yakin itu adalah strategi terbaik untuk menjaga kehadiran kami di pasar Indonesia," pungkasnya.