Thailand Majukan Industri Kreatif Lewat Fesyen

BIFF Thailand

BIFF & BIL merupakan wadah bagi para penggiat industri mode ASEAN untuk pentas dalam level kelas dunia.

Departmen Promosi Perdagangan Internasional (DITP) – yang merupakan bagian dari Kementrian Perdagangan Thailand – kembali menggelar Bangkok International Fashion Fair dan Bangkok International Leather Fair 2016 (BIFF & BIL 2016) pada Maret 2016 mendatang. Acara ini merupakan wadah bagi para penggiat industri mode ASEAN untuk pentas dalam level kelas dunia.

Mengangkat tema “Catching The Creative Spirit”, menurut Nantawan Sakultanak, Brand Manager BIFF & BILL 2016, gelaran fesyen ini bertujuan untuk memperlihatkan kepada dunia bahwa industri Fesyen dan produk kulit ASEAN memiliki karakter unik dan kreatif serta mampu menciptakan peluang investasi dan ekspor.

Oleh karena itu, ia meyakini bahwa acara ini akan menjadi gelaran fesyen yang mampu menarik kalangan entrepreneur dan desainer, pengusaha konveksi dan garmen, serta pembeli asal Thailand ataupun asing.

“Apalagi perkembangan Industrial Networking di ASEAN semakin menjanjikan dalam segi bisnis, karena mendapat sambutan baik di kalangan pebisnis dan juga publik. Maka kami pun semakin bersemangat memaksimalkan kreatifitas kami di ASEAN melalui nama BIFF & BIL,” katanya seperti yang dilansir dari rilis yang diterima MIX MarComm.

Penyelenggaraan BIFF & BIL akan berlangsung dari tanggal 9 – 13 Maret 2016 dengan mengundang entrepreneur dan manufacturer asal negara ASEAN. Pameran akan dibagi menjadi 4 kelas, yaitu: The Urban, The Casual, The Heritage, dan The Source. Pembedaan tersebut dibagi berdasarkan gaya fesyen, usia pasar, hingga proses industri.

The Urban, misalnya, merupakan kelas merek industri dan memiliki karakter fesyen yang modern. The Casual merupakan kelas yang memiliki karakter fesyen yang kasual dan menyasar pasar anak muda. Lalu, The Heritage akan menampilkan koleksi produk asli atau orisinil yang terbuat dari bahan yang unik dan etnik. Sementara The Source adalah kelas untuk industri pemrosesan tekstil dan produk kulit, menunjukan proses pembuatan produk fashion mulai dari bahan mentah hingga jadi.

Pada penyelenggaraan kali ini, BIFF & BIL kembali menggandeng Jakarta Fashion Week (JFW) untuk yang keenam kalinya. Lewat program bertajuk Indonesia Fashion Forward (IFF), nantinya akan dipilih beberapa karya desainer Indonesia untuk ikut serta di pentas BIFF & BIL disetiap tahunnya. Tahun lalu, Indonesia mengirim Dian Pelangi dan Jenahara ikut tampil di pentas BIFF & BIL. Sementara tahun ini, ada Norma Hauri dan Eri Dani yang tampil pada gelaran fesyen tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)