News Trend

BAGAIMANA STRATEGI STREAMER UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS KONSUMEN ONLINE

Di balik keberhasilan membangun consumer stickiness, ada beberapa faktor penting yang memengaruhi keterlibatan konsumen. Salah satunya adalah daya tarik sosial dan fisik para streamer. Penelitian menunjukkan bahwa daya tarik fisik dan kemampuan komunikasi yang baik secara signifikan dapat memengaruhi persepsi positif konsumen terhadap streamer, yang pada gilirannya meningkatkan niat beli (Park & Lin, 2020).

Selain itu, kesesuaian antara produk yang dipromosikan dengan citra atau gaya hidup streamer juga memainkan peran penting. Ketika konsumen merasa bahwa produk yang ditawarkan cocok dengan identitas atau kepribadian streamer, mereka lebih cenderung melakukan pembelian (Zhang, Qin, Wang, & Luo, 2020).

Namun, yang paling menonjol adalah kemampuan para streamer untuk memberikan perceived social support atau dukungan sosial yang dirasakan oleh penonton. Dukungan ini bisa berupa informasi yang berguna tentang produk, saran, atau bahkan sekadar memberikan hiburan dan perhatian emosional kepada penonton (Liang, Ho, Li, & Turban, 2012).

Dukungan sosial ini berperan penting dalam menciptakan rasa identifikasi antara konsumen dan streamer. Ketika penonton merasa dipahami dan didukung, mereka cenderung mengidentifikasi diri mereka dengan streamer, yang memperkuat keterlibatan mereka dalam sesi streaming dan memperbesar kemungkinan mereka untuk kembali lagi (Hu, Zhang, & Wang, 2017).

Secara keseluruhan, para streamer berperan sebagai penghubung antara merek dan konsumen dalam lingkungan live streaming. Mereka tidak hanya menyampaikan informasi produk, tetapi juga menciptakan suasana sosial yang mengundang konsumen untuk terus terlibat.

Melalui interaksi yang interaktif dan dukungan sosial yang dirasakan, mereka mampu meningkatkan consumer stickiness, yang menjadi kunci keberhasilan penjualan dalam ekosistem e-commerce yang semakin kompetitif ini (Friedrich, Schlauderer, & Overhage, 2019).

Fenomena ini menunjukkan bagaimana live streaming tidak hanya tentang menjual produk, tetapi juga tentang menciptakan hubungan yang kuat antara streamer dan penonton, yang berujung pada loyalitas konsumen yang lebih besar dan peningkatan penjualan.

REFERENSI:

Friedrich, T., Schlauderer, S., & Overhage, S. (2019). The impact of social commerce feature richness on website stickiness through cognitive and affective factors: An experimental study. Electronic Commerce Research and Applications, 36, 100861. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100861

Hu, M., Chaudhry, S. S. (2021). Enhancing consumer engagement in e-commerce live streaming via relational bonds. Internet Research, 30(5), 1019-1041. https://doi.org/10.1108/INTR-03-2019-0082

Hu, M., Zhang, M., & Wang, Y. (2017). Why do audiences choose to keep watching on live video streaming platforms? An explanation of dual identification framework. Computers in Human Behavior, 75, 594-606. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.06.006

Page: 1 2 3

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Platform Kitabisa Ramaikan Pasar Asuransi di Indonesia

MIX.co.id - Sukses menjadi ekosistem tolong-menolong digital di Indonesia selama lebih dari satu dekade, Kitabisa…

1 day ago

Lalamove Luncurkan Tiga Fitur Pengiriman Terbaru

MIX.co.id - Platform pengiriman on demand dalam dan antar kota, Lalamove, resmi merilis tiga fitur…

2 days ago

Ini Deretan Fitur Galaxy Z Flip6 yang Mampu Menjawab Kebutuhan Kreator Konten

MIX.co.id - Fenomena banyaknya kreator konten yang suka membuat konten kekinian dengan cara yang unik,…

2 days ago

Coway Luncurkan Produk Pemurni Air dengan Fitur Penghasil Es Batu

MIX.co.id - Merek pemurni air dan udara nomor satu di Korea Selatan, Coway, meluncurkan inovasi…

2 days ago

Dorong Kepemilikan Mobil Listrik, Chery Alokasikan Rp 100 Miliar untuk Program “Chery Go Green Fund”

MIX.co.id - PT Chery Sales Indonesia resmi meluncurkan program “Go Green Fund”, pada hari ini…

2 days ago

Konferensi HR ke-14 DataOn Humanica, Tampilkan Strategi Berbasis Data

President Director dan Group CTO DataOn Humanica, Gordon Enns saat Konferensi Human Resource (HR) Tahunan…

2 days ago