MIX.co.id - Berjualan nonstop 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, seperti layaknya pedagang kaki lima mengoceh menawarkan produknya, kini banyak dilakoni pemilik brand di platform media sosial seperti Tiktok. Cara berjualan seperti ini, lengkap dengan gimmick-nya, terbukti efektif meningkatkan penjualan.
Hal ini diakui oleh Tia Maulidya, PR Manager Barenbliss (BNB), dalam kunjungannya ke kantor MIX MarComm, pada hari ini (3/5). Menurut Tia, dalam 24 jam operasi penjualan nonstop ini, brand kosmetik asal Korea ini bisa menjual hingga 200.000 pieces produk lipstik per bulan!
"Gimmick diskon harga dan gratis ongkos kirim yang hanya ditawarkan pada jam tertentu secara acak pada platform ini mendorong audience melakukan checkout (closing penawaran--Red)," tutur Tia.
Dia mengakui bahwa penjualan seperti ini berkontribusi signifikan kepada penjualan brand yang masuk ke pasar Indonesia pada masa pandemi 2021 itu. Penjualan di platform media sosial (Tiktok Shop) atau market place Shopee Live dengan model promo midnight sale seperti ini, berkontribusi sekitar 40%-45% terhadap penjualan online secara keseluruhan. Namun demikian, menurut Tia, penjualan dari kanal online kontribusinya tdk lebih tinggi dari kanal offline.
Menurut Tia, midnight sale yang digelar Barenbliss di TikTok Shop biasanya disambut antusias oleh segmen anak muda dan ibu muda.
“Mereka yang berbelanja pada tengah malam atau dinihari sangat potensial. Apalagi pada jam itu, kami memberikan diskon yang lebih besar dibandingkan jam-jam biasa. Dan, mereka yang melek pada jam-jam tersebut biasanya adalah anak-anak muda dan ibu-ibu muda," ucap Tia.