Tahun 2024, Mitsubishi Targetkan Market Share XForce Tembus 15% di Pasar Compaq SUV

MIX.co.id - Tahun fiskal 2023 masih menjadi tantangan tersendiri bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Terbukti, jika di tahun fiskal 2022, Mitsubishi mampu mencetak penjualan 90.341 unit, maka di 2023, Mitsubishi hanya mampu menjual 77.937 unit.

Dengan catatan penjualan di 2023 itu, Mitsubishi berhasil meraih pangsa pasar 23% untuk Xpander dan Xpander Cross, 41% untuk Pajero Sport, dan 33% untuk Triton.

Kendati demikian, dengan kondisi yang masih menantang dan tidak mudah, Mitsubishi optimis dapat mencetak kinerja positif. Dituturkan Yoshio Igarashi, Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, pada media gathering yang digelar awal April ini (1/4), "Kami menargetkan pada tahun fiskal 2024, Mitsubishi dapat menjual 100 ribu unit, dengan market share 10%."

Dengan segala tantangan di tahun ini, lanjut Yoshio, Mitsubishi optimis dapat mencapai target penjualan tersebut. Antara lain, dengan memaksimalkan penjualan pada produk barunya, XForce, yang baru saja diluncurkan pada akhir tahun lalu.

"XForce sangat penting buat kami untuk saat ini. Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, penjualannya meningkat tajam, karena berbagai promo yang memang disukai konsumen. Dengsn demikian, market share pun ikut terbantu. Oleh karena itu, kami menargetkan pangsa pasar XForce mencapai 15% di pasar compaq SUV, yang dulunya 13%. Walaupun kompetisi di segmen ini sangat ketat, tetapi kami akan berusaha dengan keras untuk mencapai target itu," ungkapnya.

Saat ditanya kapan varian kendaraan dengan ADAS (Advanced Driver Assistance Systems), ia mengaku Mitsubishi masih mempelajari untuk dikenalkan. "Akan tetapi, perlu diketahui XForce yang ada sudah punya safety equipment yang punya ADAS. Tidak kurang dari safety, meski belum selengkap ADAS," imbuh Yoshio Igarasi.

Pada kesempatan yang sama, Atsushi Kurita, President Director MMKSI, menegaskan, h sebenarnya untuk jaringan aftersales, saat ini sudah meng-cover 90% wilayah Indonesia. "Untuk sisi penjualan, kami memang akan menambah outlet, tetapi memang tidak akan mendongkrak dari sisi bisnis. Dealership tiga tahun ke depan akan ditambah dengan jumlah yang tidak terlalu banyak," ucapnya.

Sementara itu, tahun 2024, Mitsubishi menargetkan fasilitas dealer, akan ada 5-7 yang baru di area Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. "Untuk body paint, kami akan lihat dulu total volume ada berapa dan diskusi dengan dealer, tetapi kurang lebih 2-3 body paint akan dibuka di tahun fiskal 2024," pungkas Kazuto Azuma, Director of After Sales Division MMKSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)