Taiwan Expo 2024 Siap Digelar di JCC Senayan

MIX.co.id – Taiwan International Trade Administration (TITA) dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) kembali menggelar Taiwan Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, pada 16-18 Mei mendatang.

Sebanyak 130 perusahaan terkemuka Taiwan siap memamerkan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi dengan tujuan menciptakan kerja sama saling menguntungkan antara Indonesia dan Taiwan.

“Ini pertama kalinya kami datang ke Jakarta setelah pandemi, karena pasar Indonesia adalah pasar yang sangat besar dan perusahaan Taiwan ingin berkolaborasi dengan perusahaan Indonesia di sini,” ujar Keven Cheng, Deputy Executive Director TAITRA, dalam acara jumpa pers yang berlangsung Selasa (23/4), di Jakarta.

Pameran menampilkan lima tema utama, yaitu 'Smart Manufacturing’, 'Smart Medical', 'Green & Sustainable', ‘Halal', dan 'Smart Lifestyle’. Tema ini didasari oleh kebijakan nasional Indonesia, permintaan pasar, dan tren konsumen.

Produk unggulan Taiwan yang akan tampil di pameran antara lain T-Skin dari Touché Solutions, yang dapat meningkatkan keselamatan manusia-robot dan produk Dongle Hestia NTN dari COMPAL yang berfungsi mengoptimalkan IoT satelit untuk pasar energi terbarukan.

Pada industri ‘Smart Medical’ menghadirkan solusi layanan kesehatan cerdas seperti Sistem RETINA dari EPED Inc. untuk membantu ahli bedah, dan V5 Pulmonary Image Software dari V5med Inc. yang berfungsi sebagai alat untuk pendeteksi kanker paru-paru dini.

Selanjutnya, pada industri ‘Green & Sustainable’, menampilkan pemenang penghargaan pompa submersible dari HCP Pump dan Taiwan Plants Fiber Tech Alliance, di mana kedua produk tersebut menampilkan material komposit yang ramah lingkungan.

Kursi pijat canggih dari Tokuyo Biotech, pemancar/penerima AV wireless dari PX Digital, dan perlengkapan gaming dari GIGA-BYTE tampil mewakili industri ‘Smart Lifestyle.’ Sedangkan pada industri Halal, dipamerkan produk saus sambal dari Pao Chi Chung, serta teh buah kundur Yongliang Old Man's Home dari Forever Sweety Sugar.

Di samping mengetahui lebih banyak tentang teknologi, produk, dan solusi inovatif dari Taiwan, pengunjung dapat berpartisipasi dalam forum dan seminar, serta pertemuan bisnis one-on-one untuk peluang kerja sama.

“Kami ingin berkolaborasi dengan perusahaan Indonesia. Di masa depan, kami berharap dapat mencari dan mengembangkan produk baru bersama-sama dan dapat menciptakan situasi yang saling menguntungkan,” harap Keven Cheng.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman mengakui, Taiwan memilik teknologi yang cukup canggih, inovasi yang bagus, dan punya pasar besar di global market, sedangkan Indonesia punya sumber daya manusia (SDM) yang bagus. Bagi Taiwan, Indonesia merupakan pasar potensial. Tahun lalu, Indonesia menduduki peringkat ke-13 mitra dagang terbesar Taiwan.

“Kita ingin bekerja sama supaya perusahaan-perusahaan Taiwan investasi di Indonesia, dan bekerja sama dengan perusahaan Indonesia untuk memproduksi produk bernilai tambah,” katanya.

“Setelah 5-6 tahun ini vakum, kita harapkan nanti sukses besar, dan menjadi pameran yang bisa dijadikan kolaborasi antara dua negara,” timpal Susanty Widjaja, Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI). ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)