MIX.co.id - Studi yang dirilis Gartner, “The Future of Cloud in 2025”, menyebutkan bahwa pada 2025, market size cloud di Indonesia diprediksi akan mencapai Rp 39,3 triliun dengan persentase CAGR 2020-2025 sebesar 27%.
Oleh karena itu, PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) selaku anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., memutuskan untuk fokus mengembangkan bisnis cloud, yang merupakan salah satu dari tiga portfolio bisnisnya (IT Services, Cloud, dan Digital Solution).
Pasca diambil alih dan diberikan dana sebesar Rp 2,59 trilliun oleh Telkom pada April 2022 lalu, saat ini Telkomsigma diposisikan sebagai digital growth engine TelkomGroup yang fokus menghadirkan solusi B2B (Business to Business) Digital IT Services di Indonesia.
Dengan positioning tersebut, Telkomsigma telah bertransformasi dan berfokus menghadirkan solusi berbasis Digital IT Services untuk sektor B2B di Indonesia. Kini, Telkomsigma tengah gencar mengembangkan kapasitas dan kapabilitas FLOU Cloud, serta membangun layanan kolaborasi dengan strategic principle melalui Hybrid multicloud.
Dituturkan Direktur Delivery & Operation Telkomsigma I Wayan Sukerta, “Guna mewujudkan transformasi digital lebih optimal, Telkomsigma menawarkan kapabilitas Hybrid multicloud yang menggabungkan benefit antara public cloud serta private cloud untuk menjawab kebutuhan security compliance.”
Selain itu, Telkomsigma juga tengah meningkatkan kapabilitas cloud-nya dengan sistem multizone yang didukung oleh 370+ praktisi cloud tersertifikasi dan ketersediaan IT support 24/7. Termasuk, tersedianya arsitektur cloud native yang berorientasi pada fleksibilitas, skalabilitas, serta kesiapan infrastruktur yang secure dan reliable.
“Upaya strategis Telkomsigma melalui pengembangan kapasitas dan kapabilitas cloud menjadi bentuk respon kami atas tren dan peningkatan pangsa pasar yang berorientasi pada efisiensi bisnis dalam adopsi IT secara jangka panjang,” lanjut Wayan.
Selain peningkatan kapasitas layanan cloud yang ditargetkan akan terealisasi dan go-live pada Q4 2022, Telkomsigma juga mengambil langkah strategis lainnya dengan menjalin partnership dengan berbagai mitra TI berskala lokal dan global.
Telkomsigma juga menggelar loyalty program, dengan mengapresiasi sederet mitra yang konsisten berkontribusi dalam pemenuhan target bisnis Telkomsigma, pada acara partner gathering bersama lebih dari 40 partner yang digelar di Four-Season Hotel, Jakarta, pada pertengahan September ini (16/9).
Dalam acara tersebut, apresiasi diberikan Telkomsigma melalui lima kategori penghargaan, yakni “The Best Technology Update Distributor” yang diberikan kepada PT Ingram Micro Indonesia; kategori “The Best Engagement Distributor” diraih oleh PT Virtus Technology Indonesia; “The Most Valuable Distributor” kepada PT ECS Indo Jaya; “The Most Supportive Vendor” ditujukan kepada Packet System Indonesia; serta kategori “The Best Service Partner” diraih oleh PT Global Infotech Solution.