Tera Data Indonusa Raih Dana IPO Rp145,617 Miliar

MIX.co.id – Hari ini, Rabu (20/7), PT Tera Data Indonusa Tbk. resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham AXIO.

Dalam penawaran umum  perdana saham atau Intitial Public Offering (IPO), AXIO melepas 1.040.126.500 saham kepada publik, setara  dengan 17,81% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dengan nominal Rp25 per saham.

Dalam IPO ini, AXIO meraup dana segar sejumlah Rp145,617 miliar. Itu berarti, harga IPO produsen laptop merek Axioo ini sebesar Rp140 per saham.

“Investor sangat antusias menyambut saham AXIO. Hal itu terlihat dari tingginya minat selama masa penawaran, sehingga mengalami kelebihan  permintaan  atau oversubscribed sebanyak 78 kali,” ujar Direktur Utama AXIO, Michael Sugiarto.

Dana hasil IPO saham tersebut, dipaparkannya, sekitar 90% akan digunakan untuk modal kerja (working capital) untuk menunjang peningkatan penjualan Perseroan berupa keperluan pembelian bahan baku komponen dan suku cadang produk Perseroan yang meliputi LCD, motherboard, SSD, RAM, dan lainnya.

Selain itu, akan digunakan untuk pembiayaan piutang usaha, peningkatan kualitas Human Capital Development melalui pengembangan melalui pelatihan internal maupun eksternal serta pengembangan channel distribusi melalui tenaga pemasaran dan perluasan cakupan service centre pada area pemasaran perseroan.

Sisanya 10% akan digunakan untuk belanja modal (capital expenditure) antara lain untuk perluasan area gudang dan produksi di pabrik, serta untuk membeli peralatan pendukung produksi dalam rangka memenuhi kenaikan volume permintaan dan penjualan tahun 2022 dan kedepannya serta untuk meningkatkan efisiensi dan mengoptimalkan proses produksi Perseroan.

“Perusahaan kami teringrasi secara vertikal dimana peran dari pada principal sampai dengan master dealer (atau sub distibutor) dilakukan oleh satu entitas,” ungkap Michael.

Menurutnya, AXIO merupakan perusahaan yang paling siap memenuhi ketentuan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) sesuai dengan kebijakan pemerintah.

AXIO juga memiliki strategi yang mengedepankan keberlanjutan usaha secara jangka panjang dan strategi memenuhi kepuasan pelanggan.

Dari sisi kinerja, AXIO menunjukkan kinerja keuangan yang baik dan bertumbuh positif secara konsisten. Kinerja tahun 2021, AXIO berhasil mencatatkan kenaikan laba bruto sebesar 400% menjadi Rp264 miliar. Alhasil, laba bersih tahun berjalan berhasil mengalami kenaikan sebesar 1.056% YoY menjadi Rp135 miliar. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)