Tidak di Televisi, Garuda Beriklan di Stadion Liverpool

PT Garuda Indonesia memilih beriklan di Stadion Liverpool, Anfield, Inggris, ketimbang di televisi luar negeri. Alasannya, biaya pemasangan iklan di lapangan hijau tak semahal di layar kaca. "Ongkosnya jauh lebih murah dan efisien daripada memasang iklan di televisi luar negeri," kata Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, dalam konferensi pers, Senin, 25 Februari 2013.
garuda-Liverpool

Managing Director Liverpool FC Ian Ayre (kiri) menyerahkan jersey Liverpool FC dengasn tulisan Garuda Indonesia kepada Dirut Garuda Indonesia Emirsyah Satar (kanan) setelah meresmikan kerjasama Garuda Indonesia dengan Liverpool FC, di Markas Liverpool, Inggris, Senin (3/9). ANTARA/Zeynita Gibbons

Lalu, berapa tepatnya nilai investasi yang dikeluarkan Garuda untuk kebutuhan promosi itu? Emirsyah emoh menyebutkan angkanya. Dia hanya menjelaskan, dalam satu pertandingan Liverpool di kandang sendiri, Garuda Indonesia mendapat 12 kali exposure. "Tiap penampilan berdurasi 30 detik." Kerja sama Garuda Indonesia dengan Liverpool, kata Emirsyah, sudah berjalan selama enam bulan, sejak 2012. Melalui kerja sama tersebut, Garuda serta Liverpool Football Club (LFC) meluncurkan Garuda Indonesia and Liverpool Experience. "Untuk meningkatkan branding kerja sama dengan Liverpool," kata dia. Menurut Emirsyah, Garuda telah menjadi official airline Liverpool sejak menjalin kerja sama pada tahun lalu. Bahkan, Indonesia dianggap sebagai salah satu fan base terbesar Liverpool. Kontrak kerja sama ini dilakukan selama tiga tahun sejak tahun lalu. "Kami pun menyediakan fasilitas photo booth, para fans seolah-olah akan merasa ada di Stadion Anfield, Liverpool." Director of International Business Development Liverpool FC, Jonathan Kane, menyatakan telah meluncurkan akun Twitter untuk para penggemar Liverpool di Indonesia. Kini, akun itu sudah memiliki 20 ribu followers. "Kerja sama ini diharapkan dapat mendekatkan klub kami ke Indonesia," ujarnya. Untuk memanjakan fans Liverpool di Tanah Air, Garuda Indonesia membuka gerai yang menjual  pernak-pernik suvenir Liverpool. Peresmian gerai “Garuda Indonesia and Liverpool Experience” ini dilakukan oleh Emirsyah Satar bersama Kane dan pemain legendaris Liverpool era 1980-an Ian Rush di Senayan City, Jakarta, Senin (25/2).  "Ini menindaklanjuti kerjasama Garuda Indonesia dengan Liverpool FC yang merupakan brand global. Di galeri ini, pendukung Liverpool bisa membeli pernak-pernik asli Liverpool," ujar Emirsyah. Selain suvenir, terdapat booth foto yang dilengkapi make up kit untuk melukis wajah (face painting) bagi para penumpang Garuda, layaknya  pendukung Liverpool (liverpudlian) di stadion Anfield. Menurut dia, kerjasama dengan Liverpool merupakan langkah untuk mendukung program Quantum Leap Garuda Indonesia menuju perusahaan Global Player. Sementara Liverpool FC adalah  klub terbaik Inggris yang memiliki global awareness. Saat ini tercatat 580 juta  liverpudlian di seluruh dunia.  Di Asia ada 300 juta lebih, termasuk Indonesia yang memiliki jutaan liverpudlian.  “Dengan kerjasama ini,  mereka menjadi  target penumpang Garuda.” tandas Emirsyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)