Tiga Fokus XL demi Mencapai Pertumbuhan Pendapatan 7% di 2023

MIX.co.id - Setelah sukses mencetak pertumbuhan pendapatan sebesar 9% di 2022 lalu, XL Axiata menargetkan pertumbuhan sebesar 6-7% di 2023. Dikatakan Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini, pada saat RUPS Tahunan 2023 yang digelar hari ini (5/5), di Jakarta, “Industri Telekomunikasi diperkirakan akan tumbuh lebih baik dibandingkan tahun 2022. Oleh karena itu, paling tidak, kami akan tumbuh seperti industri atau setidaknya lebih cepat.”

Lebih jauh ia menjelaskan, keberhasilan XL Axiata mencapat pertumbuhan pendapatan 9% pada 2022 lalu tak lepas dari dukungan pelanggan. Oleh karena itu, untuk mencapai target di tahun ini, XL Axiata akan berfokus pada pelanggan, dengan memberikan layanan terbaik, baik dari sisi kapasitas, kualitas, maupun jangkauan. “Kami harus mampu mencari tahu dan memahami kebutuhan para pelanggan, termasuk ekspektasi maupun perubahan yang terjadi. Selanjutnya, kami harus mampu menjawab itu semua melalui layanan,” ucap Dian.

Strategi berikutnya adalah XL Axiata harus memperkuat internal dalam menghadapi segala perubahan dan tuntuan yang ada. "Dari sisi internal organisasi, kami harus membangun organisasi dengan kapabilitas, kapasitas, dan talenta yang sesuai dengan tuntutan teknologi maupun tuntutan zaman, termasuk tuntutan pelanggan,” ungkapnya.

Strategi ketiga adalah membangun jaringan sesuai dengan pertumbuhan trafik, yang mana pertumbuhan trafik data XL Axiata di tahun 2022 lalu mencapai double digit.

Pada kesempatan RUPS ini, XL Axiata juga mengumumkan Feiruz Ikhwan sebagai Direktur Keuangan XL yang baru, menggantikan Budi Pramantika, yang memutuskan mundur. Feiruz dikenal sebagai profesional yang sebelumnya berkarir di sejumlah perusahaan di bawah Axiata Group Bhd, termasuk di XL Axiata.

Diungkapkan Feiruz, agar aterus bertumbuh di tahun ini, XL Axiata juga akan berfokus pada tiga pilar petumbuhan. Pertama, proposisi konvergensi yang lengkap, mulai dari konektivitas fixed dan mobile, content, hingga layanan digital bagi keluarga, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), dan korporasi. Kedua, ekspansi jaringan secara cerdas, dengan mempertahankan investasi untuk pengembangan jaringan serta fokus dalam mengembangkan jaringan di Ex-Java. Ketiga, memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, dengan memberikan layanan terpadu, end-to-end, hingga personalization.

(FOTO: IHSAN SULAIMAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)