Tiga Strategi Prudential Pertahankan Kinerja Positif di 2025

MIX.co.id - Prudential Indonesia dan Prudential Syariah berhasil mencatatkan kinerja positif sepanjang kuartal ketiga (Q3) 2024. Prudential Indonesia mencatatkan total klaim dan manfaat sebesar Rp13,6 triliun, meningkat 4% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yang telah dibayarkan untuk 1,1 juta klaim.

Kinerja yang solid juga ditunjukkan dari sisi pengelolaan investasi. Prudential Indonesia mencatat total aset sebesar Rp 61,1 triliun dan dipercaya untuk mengelola total aset investasi sebesar Rp 56 triliun.

Diungkapkan Karin Zulkarnaen, Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia, “Kami berterima kasih atas kepercayaan para nasabah, tenaga pemasar, dan seluruh pihak sehingga kinerja Prudential Indonesia tetap solid hingga kuartal III/2024. Kami juga berkomitmen untuk dapat membayarkan klaim nasabah yang sesuai ketentuan polis hingga jangka panjang, sehingga nasabah tidak perlu khawatir selama pengajuan klaimnya sesuai dengan ketentuan polis, maka akan kami bayarkan. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk terus menjadi mitra dan pelindung terpercaya bagi generasi kini dan nanti.”

Sementara itu, Prudential Syariah juga mencatatkan kinerja positif untuk terus mewujudkan komitmen perlindungan bagi peserta hingga ke masa depan. Prudential Syariah telah menyalurkan total klaim santunan dan manfaat bagi peserta mencapai Rp 1,8 triliun hingga Q3 2024, yang didukung oleh tingkat solvabilitas Dana Tabarru sebesar 268% dan Dana Perusahaan sebesar 2.031%.

Iskandar Ezzahuddin, Presiden Direktur Prudential Syariah, menambahkan, “Prudential Syariah bersyukur atas pencapaian baik selama Q3 2024. Kami masih melihat potensi industri asuransi syariah di Indonesia masih sangat besar, sehingga pencapaian ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi menghasilkan berbagai layanan keuangan dan kesehatan yang mudah diakses, terjangkau, serta berpusat pada kebutuhan peserta sesuai prinsip-prinsip syariah.”

Prudential Syariah mencatatkan total aset dan total aset investasi sebesar Rp 7 triliun dan Rp 6,2 triliun pada Q3 2024, tumbuh masing-masing 4% dan 1% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah terus melakukan diversifikasi portofolio produk salah satunya dengan menawarkan ragam opsi produk tradisional, agar menjangkau segmen nasabah yang lebih luas. Sepanjang Q3 2024, Prudential Indonesia mencatat produk tradisional mengalami pertumbuhan hingga 29%. Peningkatan penjualan produk tradisional ini dikarenakan desain produk yang dikemas dengan sederhana sehingga nasabah lebih mudah dalam memahami produknya, khususnya bagi mereka yang baru pertama kali membeli produk asuransi.

Diakui Karin, dengan kinerja positif tersebut, ke depannya, Prudential akan terus mempertahankan performa tersebut. Ada tiga strategi yang akan dilancarkan Prudential di tahun depan.

Pertama, Prudential akan terus-menerus mengeluarkan inovasi dalam bentuk produk maupun layanan. Contohnya, produk Pru-Future pada Januri 2024 dan Pru-Web Medical yang diluncurkan pada Mei 2024. "Jadi itu adalah dua produk yang telah kami luncurkan di tahun ini dan masih akan ada berikutnya produk-produk lain yang akan kami luncurkan," ucap Karin.

Strategi kedua adalah Customer Segmentation, dimana Prudential menganalisis dari berbagai jenis segmen masyarakat untuk melihat di mana peluang pasar yang sekarang ini masih cukup besar untuk bisa dijajaki. "Kami melihat bahwa pasar untuk kalangan muda, Gen Z, itu masih terbuka besar. Saat ini, mayoritas masyarakat Prudential masih berada di segmen keluarga, dan kami melihat dengan keterbukaan informasi, dengan adanya social media, di mana anak-anak muda sekarang terus mengakses social media mungkin 6-8 jam per hari, informasi maupun literasi terhadap anak-anak muda semakin meningkat. Karena itu, kami ingin menyasar segmen Gen Z untuk lebih besar lagi ke depannya," paparnya.

Strategi ketiga, memberikan akses bagi masyarakat untuk bisa mengakses produk-produk asuransi. "Asuransi itu menjadi sangat penting, bukan hanya meluncurkan produknya, tapi bagaimana masyarakat bisa menerima advisory atau perencanaan terhadap produk-produk tersebut. Karena itu, kami juga terus akan fokus untuk memperluas jaringan distribusi melalui tenaga pemasaran. Untuk tenaga pemasaran, baru-baru ini kami juga membuat satu event besar yaitu Next Gen Fest, di mana kami fokus untuk memperkaya anak-anak Gen Z untuk bisa saling membuka networking dan mengembangkan bisnis keagenan," paparnya.

Dengan pencapaian positif hingga Q3 2024, Prudential optimis akan bisa mempertahankan hasil positif itu hingga akhir tahun dan terus bertembang hingga tahun-tahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)