Tingkatkan Literasi Finansial Anak Muda, BCA Digital Gelar “bluMusical”

MIX.co.id - Untuk pertama kalinya, PT Bank Digital BCA (BCA Digital) menayangkan program musikal bertajuk bluMusical di kanal media sosial Youtube dan Instagram. Program yang tayang pada 17 Agustus 2021 ini, berkolaborasi dengan musisi Yura Yunita sebagai vokalis dan pemeran utama.

Objektif dari program bluMusical ini adalah untuk meningkatkan literasi finansial generasi muda Indonesia dengan cara yang dinamis dan menyenangkan. Oleh karena itu, program musikal ini juga penuh dengan pesan-pesan penyemangat dan inspiratif, yang mengajak penonton untuk memulai langkah demi mencapai tujuan-tujuan hidupnya dengan semangat #YangPentingLakuin.

“Melalui bluMusical, kami berharap bisa terus mengedukasi para nasabah dengan pendekatan yang lebih menyenangkan tentang literasi finansial. Di program ini, kami juga ingin  memperkenalkan berbagai fitur dalam aplikasi perbankan blu, yang bisa membantu mereka mengelola keuangan dengan lebih baik, agar bisa mencapai tujuan-tujuan hidup mereka,” terang Lanny Budiati, Direktur Utama BCA Digital.

Dengan semangat perayaan kemerdekaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, ditambahkan Lanny, BCA Digital  ingin mengajak anak-anak muda di Indonesia untuk memulai langkah mereka, dan menjadikan blu sebagai aplikasi mobile banking kesayangan mereka untuk tumbuh bersama menemani proses dan progres kehidupan mereka.

Program bluMusical diawali dengan 10 anak muda dari berbagai latar belakang, yang memiliki beragam mimpi dan cita-cita. Mulai dari niat menabung untuk bersekolah S2, membuka bisnis sendiri, hingga mengumpulkan dana pensiun untuk ayahnya.

Melihat anak muda yang bingung harus mulai dari mana, Yura Yunita kemudian masuk dengan semangat dan ceria. Dia mengajak mereka untuk #MulaiLangkahmu dengan berbagai tips-tips yang menarik melalui bantuan dari aplikasi mobile banking blu.

Yura Yunita juga mengajak beberapa ikon anak muda inspiratif seperti Jehian Panangian Sijabat sebagai CEO Menantea, Raymond Chin sebagai CEO Ternak Uang, dan Eva Alicia sebagai pelukis, content creator, sekaligus pengusaha muda, untuk berbagi cerita dan pengalaman.

Dijelaskan Nurul Susantono, Director bluMusical #MulaiLangkahmu, inspirasi penulisan naskah musikal ini berangkat dari isu yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. “Bercermin dari momentum ketika beredar isu viral bahwa usia 25 tahun seharusnya sudah mempunyai uang 100 juta, banyak sekali sudut pandang menarik dari milenial yang turut mewarnai diskusi di media sosial,” ceritanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, program musikal ini mengambil sudut pandang yang berbeda-beda untuk 10 tokoh milenial yang berpetualang di zona blu. “Dalam prosesnya, kami juga mendalami bagaimana hadirnya blu dengan fitur-fiturnya, dapat menjadi tools bagi para milenial untuk mencapai tujuan finansialnya dengan lebih mudah dan menyenangkan,” terang Nurul.

Merujuk survey yang digelar tim BCA Digital pada awal Agustus 2021, terungkap bahwa 61% responden mengaku telah familiar dengan topik manajemen keuangan, namun tidak bisa menjelaskan atau menerapkan praktiknya dengan baik dalam keseharian. Lebih jauh, 34% lainnya mengaku bingung dan belum memahami cara mengatur keuangan. Oleh karena itu, bluMusical menyelipkan banyak pengetahuan seputar finansial dan memperkenalkan tools dalam aplikasi blu yang dapat memudahkan perencanaan keuangan.

Hasilnya, tayangan perdana bluMusical #MulaiLangkahmu mendapatkan sambutan yang hangat dari penonton, yang mayoritas merupakan generasi muda. Di puncak acara, hingga saat ini, video bluMusical telah ditonton sebanyak lebih dari 150.000 kali di berbagai platform media sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)