News Trend

TOKO FISIK BANGKIT, ONLINE RITEL TERTINGGAL?

Perusahaan seperti Shein dan Temu mengirimkan sebagian besar produk mereka langsung dari produsen biaya rendah di China ke pembeli di Barat, memanfaatkan pembebasan pajak impor untuk paket internasional bernilai rendah di AS. Ancaman potensial lain adalah Trendyol yang berbasis di Turki, platform e-commerce pakaian yang pendukungnya termasuk raksasa internet China Alibaba.

Temu mengalahkan Amazon sebagai aplikasi belanja yang paling banyak diunduh di AS hanya beberapa bulan setelah diluncurkan, menurut laporan Business of Fashion-McKinsey State of Fashion 2024. Shein mencapai penjualan tahunan $22,7 miliar pada tahun 2022, dan sedang bersiap untuk penawaran umum perdana di AS.

Sender Ceron dari Mintel mengatakan duo Asia itu “berbeda dunia”, menggambarkannya sebagai “ancaman besar bagi Asos dan Boohoo serta pure-plays mode tetapi juga untuk H&M dan Zara hanya karena harga ultra-rendah mereka, waktu perputaran, dan penggunaan media sosial.”

Fon Wassachon Udomsilpa, analis internet Eropa di RBC Capital Markets, mengatakan Boohoo adalah yang paling dekat dengan Shein dan Temu, menambahkan bahwa produk perusahaan Inggris itu harus lebih berbeda dan layanannya lebih menarik di masa depan jika ingin bersaing.

Tetapi itu sulit dalam sektor di mana hambatan masuk yang rendah telah menyebabkan persaingan yang intens, membuat banyak pemain menghabiskan banyak uang untuk pemasaran dan sebagian besar mengandalkan harga untuk menonjol.

Tekanan pada pendapatan orang berusia 25 hingga 40 tahun karena inflasi telah meningkat di seluruh dunia juga menjadi faktor, menurut analis di Stifel yang mengutip temuan YouGov — dengan Asos, Boohoo, Zara, dan H&M yang paling terpengaruh.

Pemburu barang murah dan konsumen yang peduli dengan keberlanjutan juga beralih ke membeli pakaian bekas di aplik seperti Depop dan Vinted, sesuatu yang Sender Ceron gambarkan sebagai “besar dan tren yang telah mempercepat dalam setahun terakhir.”

Di atas tekanan eksternal, pengecer online juga mencetak beberapa gol bunuh diri yang menyakitkan saat bisnis mereka tumbuh lebih besar dan lebih kompleks. Di Asos, masalah mulai muncul pada tahun 2018, kata Udomsilpa di RBC.

Di akhir tahun itu, perusahaan mengeluarkan peringatan laba yang mengejutkan, sebagian menyalahkan diskon signifikan oleh pesaing selama Black Friday. Masalah operasional di gudang di AS dan Jerman menyusul, dan pada tahun 2022 perusahaan itu menemukan dirinya dengan banyak stok yang tidak terjual yang akhirnya harus ditulis off.

Perusahaan memulai tahun keuangan 2022 dengan memperkirakan laba sebelum pajak hingga £140 juta, tetapi setelah dua peringatan laba, akhirnya mengumumkan kerugian £32 juta. Itu membengkak menjadi hampir £300 juta tahun berikutnya karena beban satu kali menumpuk. Asos menolak untuk memberikan komentar.

“Eksekusi adalah masalah utama [dengan Asos] bagi kami,” kata Udomsilpa, mengacu pada kinerja masa lalunya.

Page: 1 2 3 4 5

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Ethical Data-Driven Public Relations: Teknologi dengan Sentuhan Humanis

MIX.co.id - Tahun 2023 lalu terbit buku Artificial Intelligence in Public Relations and Corporate Communications,…

2 days ago

Inisiatif Kalbe Nutritionals Gaungkan Gaya Hidup Sehat dan Dukung UMKM Lokal

MIX.co.id - Kalbe Nutritionals melalui salah satu mereknya, Nutrive Benecol, bersama Asosiasi Pengusaha Jasa Boga…

2 days ago

Asics Rilis “Asics Well-being Report 2024”

MIX.co id - Baru-baru ini, Asics Corporation merilis “Asics Well-being Report 2024”. Laporan tersebut menegaskan…

2 days ago

Grup SUN Hadirkan Model Bisnis ‘Sustainability As A Service’

MIX.co.id – SUN Energy bersama unit bisnis lainnya dalam naungan Grup SUN memperkenalkan layanan terbaru…

3 days ago

KGSB Luncurkan Buku “Cerita Anak Khatulistiwa”

MIX.co.id - Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB), program CSR Satkaara Communication, kembali menghadirkan karya inspiratif…

3 days ago

Mengusung Semangat “Meinternasionalkan Bahasa Indonesia” melalui Buku “Tutor BIPA Itu Unik!”

MIX.co.id - Tiga dekade (30 tahun) menjadi tutor Bahasa Indonesia bagi penutur asing, Delfina Y.…

3 days ago