News Trend

TOKO FISIK BANGKIT, ONLINE RITEL TERTINGGAL?

Analis di Jefferies percaya bahwa tim manajemen Asos sekarang termotivasi “untuk mendorong laba, bukan pertumbuhan” setelah mereka merombak beberapa target bonus dan meluncurkan rencana kebangkitan.

Rival Boohoo, yang menolak berkomentar tentang kinerja, juga mengumumkan kerugian sebelum pajak £26,4 juta untuk enam bulan hingga 31 Agustus dan memperingatkan bahwa penjualan diharapkan tetap lesu karena pendapatan turun, mengirim saham ke level terendah sejak 2015.

Perusahaan juga menghadapi pertanyaan berulang tentang perlakuan terhadap pekerja di rantai pasokannya, yang telah dijawab dengan menerapkan semua rekomendasi yang dibuat oleh Alison Levitt, pengacara senior, setelah tinjauan.

Bahkan Zalando Jerman, yang umumnya lebih baik berkat berbagai produk yang lebih luas dan basis pelanggan yang sedikit lebih tua, baru-baru ini kesulitan. Perusahaan memangkas proyeksi penjualannya untuk tahun 2023 dan mengakui permintaan tetap lemah. William Woods, analis di Bernstein, skeptis terhadap prospek pertumbuhannya pada tahun 2024, mengatakan konsensus di antara analis adalah “terlalu agresif”.

Investor telah menanggapi kesulitan ini dengan cara yang dapat diprediksi. Di Inggris, kurang dari 5 persen saham di Boohoo dan Asos dipinjamkan kepada spekulan yang telah “memendek” mereka dengan harapan penurunan lebih lanjut.

“Fokus telah bergeser dari hanya pertumbuhan, pertumbuhan, pertumbuhan,” kata Udomsilpa tentang perubahan sentimen investor, menambahkan bahwa sebelumnya jika sebuah perusahaan terus meningkatkan perkiraan pertumbuhan penjualan sambil memotong panduan margin, “harga saham naik karena pertumbuhan adalah segalanya.”

“Mengingat pertumbuhan tidak lagi menarik, setidaknya dalam jangka pendek, pasar telah mengalihkan fokusnya ke profitabilitas.”

Analis di Jefferies percaya tren lemah di sektor pakaian e-commerce adalah “hasil dari penarikan kembali penetrasi online” yang telah menyebabkan bahkan pertumbuhan Shein melambat pada tahun 2023, menurut Barometer Tren Ritelnya.

Tetapi sedikit yang percaya bahwa ritel online telah mencapai puncaknya. Forrester Research memperkirakan pertumbuhan penjualan ritel online akan kembali ke tingkat pra-pandemi pada tahun 2024. Analisnya memperkirakan bahwa penjualan ritel online gabungan di Jerman, Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol akan meningkat dari €372 miliar pada tahun 2023 menjadi €579 miliar pada tahun 2028, setara dengan peningkatan 9,2 persen setiap tahun.

Di Next, Wolfson menulis tahun lalu bahwa pergeseran struktural ke online adalah “peristiwa yang paling tidak dramatis” dibandingkan dengan guncangan seperti pandemi dan tekanan biaya hidup, tetapi itu memiliki “efek paling mendalam” pada bisnis.

Udomsilpa mengatakan ada “tempat bagi pemain online, dan penetrasi online akan terus meningkat seiring perubahan demografi dan orang memiliki akses ke smartphone dan internet.”

Page: 1 2 3 4 5

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

CPM Gelar Festival #CaraBisaPanenMakmur

MIX.co.id – Setelah sukses menggelar Festival Panen Makmur di Takalar, Sulawesi Selatan pada Juli 2024…

2 days ago

Jadi Mitra Pemerintah, FFI Dukung Pemenuhan Gizi Masyarakat melalui Kebaikan Susu

MIX.co.id – Frisian Flag Indonesia (FFI) menegaskan komitmennya untuk membangun kekuatan bangsa untuk menang dengan…

2 days ago

Gandeng Siemens, EMC Healthcare Hadirkan Pemindai PET/CT Canggih Bagi Pasien Onkologi

(kiri ke kanan) Country Head Siemens Healthineers Indonesia, Alfred Fahringer dan Presiden Direktur EMC Healthcare,…

2 days ago

Apresiasi Komunitas Pecinta Kucing, Cleo Gelar Cleoversary #IncredibleSixperience

MIX.co.id - Cleo, merek makanan kucing yang diproduksi PT Central Windu Sejati (CPPETINDO), yang merupakan…

2 days ago

Bluebird Perluas Opsi Pembayaran dengan QRIS BNI

MIX.co.id - Berkolaborasi dengan Bank Negara Indonesia (BNI), Bluebird mengimplementasikan sistem pembayaran digital QRIS (Quick…

2 days ago

Henkel Rayakan 50 Tahun di Indonesia

MIX.co.id – Henkel, pionir global dalam produk adhesive, sealant, dan functional coating, tahun ini genap…

3 days ago