MIX.co.id - Memanfaatkan momen Sumpah Pemuda, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya membantu pelaku usaha di Indonesia--termasuk anak muda--memulai dan membangun bisnis di era digital lewat pemanfaatan teknologi. Artinya, untuk makin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional yang diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk.
Diungkapkan Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan, "Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 bertemakan 'Maju Bersama Indonesia Raya'. Tema ini mengusung pesan kuat tentang kolaborasi dan menjunjung tinggi semangat gotong royong untuk mengakselerasi pembangunan negara. Hal tersebut sejalan dengan upaya kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis untuk membantu pelaku usaha muda mendapatkan panggung lebih luas sehingga produk mereka makin diminati masyarakat. Misalnya, dengan mengedepankan kampanye seperti Beli Lokal dan Melokal Dengan Batik. Kami juga mencetak lebih banyak kreator muda profesional lewat Creators Lab untuk membantu UMKM mempromosikan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan."
Lebih jauh ia menjelaskan, fesyen konsisten menjadi salah satu kategori produk paling laris di Tokopedia dan ShopTokopedia. Pada kuartal ketiga (Q3) 2024, sejumlah kategori paling laris di Tokopedia, antara lain Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Kesehatan, Makanan dan Minuman, dan Rumah Tangga. Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Home Supplies, dan Elektronik. Khusus pada kategori Fesyen, terdapat beberapa produk terlaku di Tokopedia pada Q3 2024, yaitu atasan, sepatu, dan bawahan. Sedangkan di ShopTokopedia, yaitu atasan, hijab, dan bawahan.
"Guna makin mendorong kontribusi merek fesyen lokal--khususnya UMKM--terhadap perekonomian digital, Tokopedia dan ShopTokopedia bersama mitra strategis melakukan berbagai upaya. Contohnya lewat kampanye Beli Lokal yang bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan etalase khusus bagi merek lokal--termasuk fesyen--agar makin menjadi pilihan masyarakat. Ada pula kampanye Melokal Dengan Batik yang bekerja sama dengan pemerintah, institusi pendidikan, kreator, dan lembaga keuangan, untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas perajin dan UMKM batik di era teknologi," urai Aditia.
Brand lokal, termasuk dari bidang fesyen, yang dimotori oleh pelaku usaha muda dan ikut dalam berbagai kampanye di Tokopedia dan ShopTokopedia merasakan dampak positif. Dia mencontohkan, Dama Kara yang mengalami peningkatan penjualan 2 kali lipat berkat Beli Lokal, dan Batik Paduka yang mengalami kenaikan penjualan hingga 70% berkat berpartisipasi dalam Melokal Dengan Batik.
"Tokopedia dan ShopTokopedia sangat mengapresiasi anak muda pelaku usaha--seperti pemilik Dama Kara dan Batik Paduka--yang berani memulai dan membangun bisnis, serta memberdayakan komunitas, khususnya yang juga anak muda," imbuh Aditia.
Creators Lab
Untuk makin mendorong kemajuan pelaku usaha muda di era digital, Tokopedia dan ShopTokopedia mencetak sebanyak-banyaknya kreator muda profesional lewat Creators Lab. Kreator muda profesional diharapkan bisa membantu UMKM memperluas pasar dan memasarkan produk dengan cara yang lebih menarik dan relevan dengan menjadi affiliate creator Tokopedia dan ShopTokopedia.
"Di era digital, affiliate creator bisa menjadi sebuah profesi berpenghasilan sekaligus menambah lapangan pekerjaan. Di tengah persaingan yang makin ketat, pelaku bisnis termasuk UMKM, perlu melakukan berbagai cara promosi dan pemasaran, salah satunya melibatkan affiliate creator. Kolaborasi UMKM dan affiliate creator akan menguntungkan semua pihak. UMKM bisa meningkatkan penjualan sedangkan affiliate creator dapat memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, kami menghadirkan inisiatif Creators Lab," ungkap Aditia.
Creators Lab memberikan pemahaman utuh mengenai prinsip afiliasi dan strategi pemasaran di platform digital kepada generasi muda untuk membantu pemasaran produk UMKM lewat kreativitas konten. Creators Lab terdiri dari sejumlah modul, yaitu (1) Afiliasi dan Personal Branding, (2) Perancangan Skrip Video, (3) Strategi Konten dan Persiapan Live Streaming, dan (4) Evaluasi Performa Konten.
Creators Lab telah diluncurkan pada Juli 2024 di Surabaya, Jawa Timur, bersama Surabaya Next Leader. Pada September 2024, Creators Lab dilakukan di Tegal, Jawa Tengah, bersama BNI. "Hingga kini, kami telah memberikan pelatihan kepada ratusan generasi muda untuk menjadi affiliate creator yang andal. Sejalan dengan semangat gotong royong Sumpah Pemuda, Tokopedia dan ShopTokopedia, bersama para mitra strategis, akan terus berupaya menghadirkan Creators Lab di berbagai wilayah lain di Indonesia," tandas Aditia.
Ravenna Ravika (Vika) merupakan affiliate creator Tokopedia dan...