Peningkatan transaksi pada kategori Mom & Baby dan Kids’ Fashion (MBKF) di Tokopedia mampu mencapai hampir 2x lipat sepanjang 2020 jika dibandingkan dengan 2019. Begitu juga dengan kategori Home & Living, yang melonjak lebih dari 2x lipat.
Berangkat dari fakta tersebut, Tokopedia memutuskan untuk meluncurkan Tokopedia Parents, ekosistem khusus di Tokopedia untuk mempermudah masyarakat, terutama orang tua, mendapatkan kebutuhan serta informasi relevan berkaitan dengan keluarga dan rumah tangga.
Dijelaskan VP of Tokopedia Indra Yonathan, pada taslkhsow online yang digelar Tokopedia pada hari ini (10/3), “Tokopedia Parents merupakan salah satu wujud komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam menyediakan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha di industri terkait, terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal, agar dapat beradaptasi di tengah pandemi.”
Lebih jauh ia menerangkan, para orang tua juga bisa mendapatkan sederet nilai tambah lainnya melalui Tokopedia Parents, antara lain membuat belanja kebutuhan keluarga menjadi lebih aman dan hemat. “Di Tokopedia Parents, tersedia juga webinar, talk show dan forum diskusi bagi komunitas orang tua untuk berbagi informasi dan pengalaman bersama sejumlah pembicara inspiratif,” ungkap Yonathan.
Pada kesempatan itu, Tokopedia menggandeng Chelsea Olivia sebagai Brand Ambassador Tokopedia Parents untuk membantu menjembatani para orang tua serta komunitas. “Pandemi mendorong terjadinya perubahan rutinitas di tengah keluarga. Saya dan pasangan perlu membangun pola komunikasi yang efektif untuk menjaga lingkungan tetap positif di rumah. Tokopedia Parents membantu kami sebagai orang tua menemukan beragam inspirasi kegiatan sekaligus produk kebutuhan harian yang bisa menunjang aktivitas keluarga,” jelas Chelsea.
Dalam rangkaian peluncuran Tokopedia Parents, Tokopedia menggelar kampanye Tokopedia Parents Online Fair hingga 10 Maret 2021. Melalui kampanye ini, masyarakat bisa menikmati sederet penawaran menarik, salah satunya diskon hingga 90% dari berbagai pegiat usaha, termasuk UMKM lokal.
Ditambahkan Asisten Deputi Peningkatan Partisipasi Keluarga, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Ir. Prijadi Santoso, M.Si, “Kami mengapresiasi inisiatif Tokopedia dalam menghadirkan Tokopedia Parents. Ini sejalan dengan komitmen KPPPA untuk mendukung ketahanan keluarga Indonesia, terutama di tengah pandemi. Harapannya, setiap orang tua bisa mendapatkan akses lebih mudah terhadap berbagai informasi serta edukasi, mulai dari pola asuh anak hingga menjaga kesehatan.”
Sementara itu, menurut Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Jawa Barat Lina Marlina, di tengah pandemi, peran orang tua semakin penting dalam memenuhi kebutuhan keluarga, terutama dalam mendampingi anak. “Kehadiran Tokopedia Parents diharapkan dapat menjadi wadah bagi orang tua untuk mendapatkan informasi dan inspirasi dalam mendukung kesehatan fisik dan mental keluarga,” harapnya.