Transformasi Digital Dorong Kenaikan Laba Amar Bank Hingga Empat Kali Lipat

Sepanjang 2019, PT Bank Amar Indonesia Tbk. berhasil mencetak kinerja positif. Di tahun 2019, total aset Amar Bank mencapai Rp 3,4 triliun atau meningkat sebesar 85,9% dibandingkan tahun 2018 yang hanya Rp 1,8 triliun. Selain itu, Amar Bank juga mencatat laba bersih sebesar Rp 61 miliar pada 2019. Itu artinya, meningkat sebesar empat kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Sementara itu, terkait pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK), Amar Bank berhasil mencatatkan kenaikan sebesar 67% dengan total DPK sebesar Rp 1,831 triliun. Peningkatan ini terbilang signifikan, mengingat secara keseluruhan pertumbuhan total DPK bank umum konvensional per Desember 2019 menunjukkan peningkatan sebesar 6,54%.

Dijelaskan Vishal Tulsian, Presiden Direktur Amar Bank, “Sepanjang tahun 2019, Amar Bank mengalami pertumbuhan positif dengan kinerja sangat baik di tengah likuiditas yang ketat. Kinerja ini didorong utamanya oleh transformasi digital yang diterapkan Amar Bank terhadap produk Tunaiku dan adanya peningkatan pinjaman produktif Tunaiku.”

Transformasi digital yang dilakukan Amar Bank tak lepas dari hasil riset Google, Temasek, dan Bain & Company 2019 yang mengungkapkan bahwa terdapat 92 juta masyarakat yang belum terlayani bank dan hanya sebesar 12% dari 59 juta UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia yang memiliki akses ke layanan perbankan.

"Melalui akses pembiayaan kredit yang didukung oleh transformasi digital, Tunaiku berperan dalam mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia dengan menjangkau lebih dari 350.000 nasabah dan lebih dari 100.000 UMKM,” ungkap Vishal.

Di tahun yang sama, lanjutnya, Amar Bank semakin fokus pada inklusi keuangan, dengan cara melayani nasabah UMKM. Hal itu dilihat dari persentase kredit yang disalurkan kepada UMKM terhadap total kredit di tahun 2019 sebesar 31,82%, atau meningkat dari 14,96% di 2018.

"Hal ini dicapai dalam rangka mendukung strategi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dalam mendorong UMKM untuk naik kelas dan meningkatkan daya saing UMKM. Secara total, produk unggulan Amar Bank sekaligus pionir teknologi finansial, Tunaiku, berhasil mencatatkan peningkatan penyaluran pinjaman sebesar 100% di tahun 2019 atau sejumlah lebih dari Rp 2 triliun. Terutama, untuk segmen masyarakat yang sebelumnya kurang terlayani oleh perbankan," paparnya.

Dengan pertumbuhan substansial dan kinerja keuangan yang positif, 2019 adalah tahun yang penting bagi Amar Bank. "Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, Amar Bank menyadari tantangan-tantangan yang muncul. Namun, Amar Bank tetap optimis untuk bertumbuh secara kinerja dan melanjutkan transformasi digital di kuartal ketiga," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)