Trend StartUp 2016: E-Commerce, On Demand Service, dan Fintech

Menyikapi perkembangan jagat IT tanah air, Dailysocial resmi merilis prediksi tren startup sepanjang 2016 yakni Indonesia Startup Report 2016, pada Selasa (15/3) di Jakarta. Rama Mumuaya, Founder dan CEO Dailysocial.co.id menjelaskan, “E-commerce, On Demand service, dan FinTech masih memliki daya tarik yang cukup besar di tahun 2016. Dengan perkembangan mobile dan mulai berubahnya gaya hidup masyarakat ke digital, ketiga sektor tersebut akan semakin mempermudah dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.”
Rama Mamuaya, CEO Dailysocial.co.id

Rama Mamuaya, CEO Dailysocial.co.id

kemudahan masyarakat lewat layanan seperti On Demand kini tidak hanya terbatas pada jasa delivery makanan maupun transportasi, tetapi ada juga layanan asisten pribadi virtual. FinTech juga salah satu sektor yang berkembang secara cepat, dengan kondisi masyarakat Indonesia yang hanya 19% yang terjamah produk keuangan modern. Kata Rama, FinTech ingin menjangkau masyarakat yang belum terjamah tersebut agar lebih mengenal dan kemudian menggunakan produk keuangan modern.

Indonesia Startup Report 2015 yang dirilis DailySocial.id memperlihatkan bahwa Indonesia kerap dikatakan sebagai negara acuan dalam bidang e-commerce setelah Cina dan India, terlihat dari prediksi pertumbuhan penjualan pada 2016, Indonesia tumbuh sebesar 22% sementara India hanya 0,24% dan 0,15% secara global.

Hal ini juga menjadikan e-commerce menjadi salah satu sektor yang masih diminati sebanyak 13% investor dalam berinvestasi di tahun 2016. Selain itu, bidang yang menjadi daya tarik bagi konsumen maupun investor seperti kehadiran layanan On Demand juga FinTech akan menjadi sektor yang semakin bertumbuh di 2016 dengan masing-masing porsi investasi diperkirakan sebesar 38% dan 11%.

Tidak hanya melakukan survei, DailySocial.id juga meluncurkan DS10, sebuah apresiasi untuk 10 startup, 10 pemain startup dan 5 Top Investor yang memiliki kontribusi signifikan pada bisnis teknologi Indonesia yakni: BerryKitchen, BrideStory, CekAja, Diana, Fabelio, Go-Jek, IDNTimes, Kudo, Qraved dan YesBoss.

Sementara untuk 10 pemain startup; Adrian Li, Managing Partner Convergence Ventures, Affi Assegaf Co-Founder Female Daily Network, Ben Soebiakto, Co-Founder Fimela Network, Cynthia Tenggara, CEO BerryKitchen, Diajeng Lestari, CEO & Founder HijUp.com, Irzan Raditya, CEO & Founder YesBoss, Nadiem Makarim, CEO Go-Jek, Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Ryu Kawano, CEO Veritrans Indonesia dan Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures. Untuk 5 Top Investor di 2015 adalah Convergence Ventures, East Ventures, IdeoSource, SMDV, dan Venturra. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)