Berkompetisi di industri elektronik nasional tentu saja bukan perkara mudah. Mengingat, banyak brand--baik lokal maupun multinasional--tampak massif menggarap pasar Indonesia. Belum lagi, pandemi Covid-19 yang menjadi tantangan terberat bagi semua industri, tanpa terkecuali industri elektronik.
Di tengah kompetisi dan tantangan pandemi, AQUA Japan, produk elektronik rumah tangga asal Jepang, tercatat sebagai merek yang mampu bertumbuh penjualannya. Tak heran, jika AQUA Japan pun kerap diganjar berbagai penghargaan terkait inovasi dan popularitas brand-nya di Indonesia.
Sejatinya, inovasi menjadi kunci bagi produk-produk AQUA Japan hingga mampu dipercaya konsumen Indonesia. AQUA Japan selalu menciptakan inovasi produk secara konsisten serta memiliki layanan yang berfokus kepada kebutuhan konsumen.
Dituturkan Head of Marketing Department AQUA Japan Indonesia Glenn Manengkei, kepercayaan yang diberikan konsumen terhadap AQUA Japan setiap tahunnya terus bertambah dan semakin besar.
“Secara branding, orang semakin mengenal brand AQUA Japan dengan baik dibanding sebelumnya. Lalu secara sales, perusahaan juga memiliki trend positif yang selalu meningkat pencapaiannya dengan organic growth hingga 30% dari tahun ke tahun,” tegas Glenn.
Saat ini AQUA Japan telah memiliki puluhan jaringan distribusi, cabang, serta agent, dan ratusan jaringan service, ditambah hampir 500 outlet penjualan di seluruh Indonesia. “Hal ini membuktikan bahwa konsumen Indonesia semakin percaya terhadap berbagai produk AQUA Japan,” katanya.
Lebih jauh ia menerangkan, AQUA Japan juga konsisten dalam melakukan strategi pemasaran melalui seluruh asset saluran digital yang telah dimiliki untuk mengkomunikasikan produk maupun mempromosikan berbagai keunggulan dari brand AQUA Japan. “Optimalisasi AQUA Japan dalam memanfaatkan media digital membuahkan hasil dengan peningkatan popularitas brand yang semakin tinggi,” yakinnya.
Berkat popularitasnya di ranah digital, beberapa waktu lalu brand AQUA Japan diganjar penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2021 untuk produk lemari es. Penghargaan ini merupakan penghargaan terhadap brand yang berhasil membangun popularitas dan meningkatkan aktivitas brand melalui media digital, sehingga lebih unggul dan populer dibandingkan brand lain.
Ditambahkan Head of Product Planning Department AQUA Japan Indonesia Meiriano Ullman, dalam melakukan inovasi, AQUA Japan selalu mencoba melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan konsumen.
“Kami selalu mencoba untuk melakukan riset di pasar, agar kami bisa mengetahui kebutuhan konsumen dalam memilih produk yang dibutuhkan. Kemudian kami memberikan produk yang dapat diterima oleh masyarakat Indonesia dalam segi feature, design, dan kapasitas produk,” ungkap Meiriano.
Sebagai wujud dedikasi kepada konsumen, AQUA Japan menjalankan program Promo Sell Out. Selama bulan Ramadhan hingga paska Idul Fitri, AQUA Japan menjalankan promo penjualan bertema ‘Tabur Berkah’. “Promo yang kami berikan cukup panjang waktunya, sejak bulan Ramadhan, jelang Idul Fitri, hingga pasca Idul Ftri (April-Juni), sehingga konsumen dapat menikmati promo-promo kami lebih lama,” tutup Glenn.