Kerja Tim Lebih Penting daripada Kecakapan Teknis

Kerjasama dalam tim merupakan variable yang lebih penting daripada kecakapan teknis. Banyak peristiwa dan kejadian yang ditangani oleh orang trampil hasilnya kurang menggembirakan. Namun, ketika orang-orang tampil itu berkolaborasi, hasilnya memuaskan.

Tahun 2001 saat mengadakan latihan di perairan lepas Kepulauan Hawaii, kapal selam penyerang cepat bertenaga nuklir Angkatan Laut AS muncul ke permukaan, sementara diatasnya ada kapal pukat ikan Jepang.

Akibatnya, badan kapal pukat itu terbelah dan insiden ini menewaskan sembilan orang awak kapal pukat, dan menciptakan insiden internasional. Kapal selam itu dikenal sebagai salah satu yang terbaik di armadanya. Yang mengoperasikan adalah para orang-orag yang cakap dan mahir yang dipilih dan dipimpin seorang kapten yang berbakat dan karismatik.

Pada tahun yang sama, sebuah pesawat Airbus modern meledak saat menabrak pinggiran kota New York City, dan menewaskan 260 orang di dalamnya serta 5 orang di darat. Pesawat jet mutakhir ini menggunakan teknologi industri kedirgantaraan yang paling canggih dan diterbangkan oleh salah satu awak udara terlatih terbaik di dunia. Namun kecelakaan terjadi dan menjadi insiden penerbangan paling mematikan kedua di AS hingga saat ini.

Tahun 1989 terjadi kecelakaan fatal saat berlangsung pertandingan sepak bola Inggris di Sheffield, Inggris, dan menewaskan sembilan puluh enam penonton, serta melukai ratusan lainnya. Insiden ini membuat ribuan orang trauma. Tragedi Hillsborough merupakan peristiwa terburuk dalam sejarah sepak bola Inggris.

Korban tewas berjatuhan menyusul membludaknya penonton yang ingin menyaksikan duel semifinal Piala FA antara Liverpool dan Nottingham Forest di Stadion Hillsborough, pada 15 April 1989.

Penyelidikan yang dilakukan Hillsborough Independent Panel (HIP), sebuah komisi yang memiliki wewenang khusus untuk menyelidiki tragedi tersebut mendapati adanya kelalaian polisi setempat dalam mengantisipasi jumlah penonton yang semakin membludak.

Unit kardiologi pediatrik di sebuah rumah sakit terkenal di Inggris terus melakukan operasi bedah baru yang berisiko selama tujuh tahun meskipun prosedur tersebut mengakibatkan puluhan kematian bayi.

Meskipun dokter memiliki keterampilan teknis, namun kerja tim gagal dan mengakibatkan tiga puluh hingga tiga puluh lima bayi meninggal, lebih banyak daripada yang diperkirakan seandainya standar perawatan sama dengan yang ada di rumah sakit lain.

Berbeda dengan insiden-insiden tersebut, sebuah tim berhasil menyelamatkan 155 orang dari perairan dingin Sungai Hudson di New York City pada Januari 2009, ketika pesawat mereka mengalami kerusakan mesin ganda setelah beberapa kali menabrak sekumpulan burung. Apa yang membuat tim heroik ini berhasil, sementara tim-tim lain ini gagal?

Lima studi kasus ini - tabrakan kapal selam USS Greeneville, insiden penonton sepak bola Stadion Hillsborough, penerbangan American Airlines 587, kardiologi anak Rumah Sakit Bristol, dan pendaratan Sungai Hudson dari US Airways Flight 1549 – seperti yang ditulis Amy L. Fraher dalam buku Thinking through Crisis: Improving Teamwork and Leadership in High-Risk Fields (Cambridge University Press, 2011), memberikan informasi untuk memberikan pemahaman yang lebih tentang dinamika yang berdampak pada kinerja tim, terutama di bidang-bidang pekerjaan yang memiliki risiko tinggi.

Dari informasi tersebut diperoleh gambaran bahwa – dalam mencegah bencana di bidang-bidang yang berisiko tinggi -- kerjasama tim menjadi salah satu variable yang lebih penting daripada kecakapan teknis.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)