Tumbuhkan Bisnis Beverage, Garuda Food Gandeng Perusahaan Jepang

Pertumbuhan kelas menengah di Tanah Air memang sangat menjanjikan. Menariknya, karakteristik kelas menengah rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan value dan kualitas produk yang lebih baik. Hampir sepertiga pengeluaran terbesar mereka dihabiskan untuk konsumsi pribadi berupa makanan dan minuman. Sementara itu, industri beverages di Tanah Air pun masih terhitung sangat potensial. Peetumbuhannya mampu mencapai lebih dari 8 persen.

Garuda Food joint bekerja sama dengan perusahaan Jepang, Suntory Beverage & Food, mendirikan perusahaan baru, Suntory Garuda Beverage.

Mencermati insight tersebut dan demi menumbuhkan bisnis perusahaannya, Garuda Food memutuskan untuk melakukan joint venture di industri minuman non alkohol dengan perusahaan Jepang, Suntory Beverage & Food, pada 14 Juli 2011. Yakni, dengan mendirikan perusahaan baru, Suntory Garuda Beverage.

Dikatakan Hartono Atmadja, President Director Suntory Garuda Beverage, "Langkah ini merupakan salah satu strategi pertumbuhan melalui strategic partnership, untuk memperkokoh kiprah kedua belah pihak di bisnis minuman dan mewujudkan visi dan goal perusahaan ke depannya. Jika sebelum kerja sama ini kontribusi kategori beverages terhadap total pendapatan Tudung Group--perusahaan yang menaungi Garuda Food--mencapai 20 hingga 30 persen, maka dengan kerja sama ini kami berharap kontribusinya bisa lebih dari itu," tegasnya.

Saat ini, struktur kepemilikan Suntory Beverage & Food Asia mencapai 51 persen, sisanya 49 persen dimiliki Garuda Food. Melalui kerja sama itu, ia berharap Suntory Garuda Beverage dapat menjadi andalan bagi pertumbuhan bisnis Garuda Food secara grup.

Sementara itu, Mitsu Kawamoto, Executive Chairman Suntory Garuda Beverage, menambahkan, "Suntory Beverage & Food telah mematok peningkatan nilai penjualan lima kali lipat pada sepuluh tahun ke depan, sehingga upaya ekspansi bisnis ke luar negeri merupakan salah satu strategi yang terus kami lakukan. Saya berharap perusahaan hasil kerja sama ini dapat menjadi salah satu bisnis regional yang sukses ke depannya."

Dalam waktu dekat, Suntory Garuda Beverage akan meluncurkan produk anyar sekaligus perdananya. "Saat ini kami tengah dalam meriset ke pasar produk beverage dengan rasa seperti apa yang diinginkan konsumen Indonesia. Paska riset ini, kami akan menciptakan produk yang inovatif dan beda," lanjut Mitsu, yang enggan menyebut jenis minuman apa yang akan segera diproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)