UBSI Solo Edukasi Digital Marketing untuk UMKM

Komitmen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) terhadap perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia diwujudkan melalui program edukasi digital marketing untuk segmen UMKM. Tahun ini misalnya, UBSI Solo menggelar seminar nasional bertajuk "Digital Marketing untuk UMKM Era Industri 4.0" di Hotel Swiss-Belin Saripetojo Solo.

Dikatakan Bambang Eka Purnama, Kepala Kampus UBSI Solo sekaligus Koordinator Seminar, “Seminar ini menghadirkan salah satu pakar teknologi, yakni Prof. R. Eko Indrajit dan Produser TATV Herlambang Gilang sebagai narasumber. Selain itu, hadir juga Staf Ahli Walikota Bidang Keuangan Dan Pembangunan Pemkot Surakarta Ir. Lilik Joko Saptyanto sebagai Keynote Speaker.”

Diungkapkan Lilik, Walikota Solo sangat mendorong peningkatan dan perkembangan UMKM dengan pemanfaatan teknologi digital. Walikota juga mengapresiasi UBSI kampus Solo yang menggelar seminar ini. “Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi UMKM yang ada di Solo untuk dapat mengembangkan usahanya,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Prof. Eko membahas materi mengenai UMKM yang merupakan inkubasi bisnis masyarakat yang terbukti mampu bertahan saat krisis melanda Indonesia. Sayangnya, belum banyak UMKM yang memaksimalkan teknologi Informasi untuk mem-branding sekaligus memasarkan produk unggulannya. “UMKM harus bangkit dan menembus pasar internasional, karena teknologi saat ini sudah sangat mendukung. Berbagai fasilitas yang ada di internet bisa dimanfaatkan dengan gratis,” ia menyarankan. Sementara itu, menurut Gilang, dalam mendapatkan ide untuk memasarkan produk dengan pemanfaatan teknologi, diperlukan tim yang dapat membantu bertukar pikiran dan ide serta memiliki visi dan misi yang sama. Termasuk, dukungan akses internet yang memadai.

Tags:
Ubsi solo UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)