Uji Coba 5G dan WiGig Demi Realisasi Jakarta SmartCity  

PT XL Axiata Tbk. bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menggelar uji coba layanan berbasis 5G dan WiGig pada Agustus ini (20/8) demi mendukung realisasi Jakarta SmartCity. Berlokasi di seputaran Kota Tua, Jakarta Barat, teknologi 5G dan Wireless Gigabit (WiGig) dicoba diterapkan pada sejumlah aktivitas pengelolaan lingkungan perkotaan. Uji coba tersebut sejatinya sebagai langkah pemanfaatan teknologi digital demi meningkatkan layanan kepada publik.

Uji coba sekaligus demo yang dilakukan mencakup penerapan 5G pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, peliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk kamera surveillance (CCTV). Selain itu, layanan Internet kecepatan tinggi melalui WiFi juga langsung bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung di sekitar area demo.

Dijelaskan Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata, sebagai operator layanan akses data digital, tentu saja XL harus bersiap untuk mengadopsi teknologi terbaru dan tercanggih saat ini, yakni 5G. Uji coba ini menjadi sarana bagi XL Axiata untuk mempelajari lebih jauh terkait penerapannya di lapangan dan hal-hal lainnya yang bersifat teknis.

"Selain itu, uji coba ini akan bisa menunjukkan kepada masyarakat luas mengenai seperti apa teknologi 5G dan kegunaannya bisa untuk apa saja. Uji coba dengan kerangka smartcity juga menjadi cara terbaik untuk mengetahui secara langsung kemampuan teknologi 5G untuk memberikan solusi terhadap permasalahan pengelolaan perkotaan. Ini juga selaras dengan spirit XL Axiata untuk terus berperan aktif mendukung pemerintah memajukan Indonesia #JadiLebihBaik," papar Dian.

Secara teknis, menurut Dian, teknologi 5G dapat memberikan keunggulan pada kecepatan hingga 20 Gbps dan kestabilan tinggi. Bahkan, teknologi 5G juga mampu memberikan koneksi yang lebih mudah kepada siapa aja, baik user individu maupun industrial. "Biaya operasionalnya pun juga bisa lebih efisien. Dengan demikian, sudah sewajarnya jika pemerintah dan industri terkait mulai merintis jalan bagi penerapan teknologi 5G ini di Indonesia," tambah Dian.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Rudiantara, yang hadir pada acara uji coba tersebut menegaskan, Kemenkominfo mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan digital tercanggih yang ada saat ini untuk bisa diterapkan sebagai solusi pada berbagai bidang, termasuk pengelolaan fasilitas publik.

"Saya menyambut baik antusiasme Pemprov DKI Jakarta dan juga XL Axiata untuk melakukan uji coba 5G ini yang kita harapkan bisa memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kemungkinan penerapan 5G ini dalam sistem Smartcity di DKI Jakarta. Saya melihat teknologi 5G ini bisa diterapkan di banyak hal untuk meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien, tidak hanya di DKI Jakarta, tetapi juga di kota-kota lainnya mana kala nanti jaringan 5G sudah tersedia," ujar Rudiantara.

Sementara itu, Kepala Jakarta Smartcity Pemprov DKI Setiaji menuturkan, “Lebih dari sekadar tujuan populis, uji coba ini juga menjadi langkah serius dari Kementerian Kominfo, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, serta XL Axiata untuk bisa membawa teknologi 5G dan menerapkannya secara tepat guna pada aktivitas layanan publik. Sebagai Ibu Kota Republik Indonesia dengan berbagai dinamikanya, sudah selayaknya Jakarta memiliki fasilitas publik yang ditopang oleh teknologi digital tercanggih untuk membantu pemerintah daerah dalam menjaga kualitas layanan publik serta memenuhi kebutuhan warganya sebagai masyarakat modern."

Lebih lanjut Setiaji menandaskan bahwa Teknologi 5G akan menjadi sarana penunjang yang tepat, mengingat berbagai keunggulan teknis yang dimilikinya. "Teknologi 5G sangat bisa diadopsikan dalam berbagai aktivitas rutin yang selama ini masih mengandalkan penanganan secara manual," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)