MIX.co.id – PT Terang Dunia Internusa (TDI), produsen sepeda dan kendaraan listrik roda dua merek United, siap merebut potensi pangsa pasar kendaraan listrik roda dua di Indonesia dan global, sejalan dengan target pengurangan emisi karbon melalui strategi end-to-end.
Presiden Direktur TDI, Stephen Mulyadi menjelaskan bahwa pihaknya memiliki pengalaman end-to-end membangun merek United Bike yang kini telah menjadi top of mind pada pasar sepeda. TDI terus mengembangkan dan membangun sepeda listrik dan motor listrik ramah lingkungan sebagai alternatif motor berbasis internal combustion engine (ICE) dengan meningkatkan investasi dalam aspek riset dan pengembangan, pemasaran, serta infrastruktur.
“Kami memiliki visi merevolusi industri transportasi dengan menyediakan kendaraan roda dua baik berbasis listrik maupun pedal yang ramah lingkungan, efisien, dan terjangkau di pasar dalam dan luar negeri,” ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (15/8), di Jakarta.
Stephen memperkirakan pangsa pasar sepeda listrik dan motor listrik di Indonesia terus bertumbuh dari tahun ke tahun dengan permintaan berdatangan dari individu, pemerintah, serta bisnis, khususnya sektor transportasi dan logistik.
Pangsa pasar penjualan kendaraan motor listrik di Indonesia sepanjang 2017-2026, menurut researchandmarket.com, diperkirakan naik dari 0,03 juta unit atau setara dengan 0,5% pada 2022 menjadi 1,87 juta unit atau mencapai 28% pada 2027. Pertumbuhan ini sejalan dengan perkiraan tren nilai pasar motor listrik yang ditaksir mencapai US$8,78 miliar atau memiliki CAGR 7% pada rentang 2023-2027.
Lebih jauh, ia pun meyakini permintaan besar terhadap kendaraan listrik ditopang oleh dukungan pemerintah. Sejak dikeluarkanya Peraturan Presiden tahun 2019, banyak lahir berbagai kebijakan dan regulasi pendukung untuk mendorong pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.
“Sejalan dengan upaya Indonesia menuju masa depan yang...