Upaya Ekstensifikasi Merek Tropicana Slim di Pasar Minyak Goreng

Gaya hidup sehat sudah menjadi perhatian bagi kebanyakan penduduk Indonesia. Ditambah lagi, teknologi yang makin canggih mendukung penyebaran informasi dan ajakan untuk hidup sehat. Lifestyle masyarakat pun berubah dan gaya hidup sehat menjadi suatu kebutuhan. Demikian pernyataan Noviana Halim Brand Manager Tropicana Slim. Ia menuturkan bahwa gaya hidup sehat yang sudah menjadi kebutuhan ini tidak terpengaruh dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia sebab menurutnya kondisi ini tidak akan lama menimpa Indonesia.

Canola Oil dari Tropicana Slim Canola Oil dari Tropicana Slim

“Menurut saya keadaan ini hanya sementara sehingga tidak perlu ada strategi secara khusus untuk antisipasi karena konsumennya ada dan healthy itu sudah menjadi kebutuhan basic dan ditambah lagi orang lebih well educated,” ujarnya. Ia memprediksikan bahwa ke depannya perekonomian Indonesia akan lebih baik, bahkan akan masuk dalam top 10.

Oleh karena itulah, Tropicana Slim percaya diri untuk memperluas bisnisnya lewat ekstensifikasi mereknya ke segmen minyak sehat Canola Oil, yang resmi diluncurkan pada Rabu (13/5). Dipilihnya segmen ini bukan tanpa alasan. Noviana mengungkapkan bahwa market size untuk minyak sehat itu besar. “Orang Indonesia itu masih cukup sering memasak di rumah tapi masih banyak yang menggunakan palm oil, dimana pasar palm oil ini besar sekali. Kandungan lemak yang ada di Palm oil itu tidak baik untuk kesehatan. Sementara di sisi lain orang Indonesia semakin healthy concern. Makanya kami meluncurkan minyak canola oil,” paparnya.

Diungkapkan Noviana, canola oil berbeda dengan corn oil yang pernah diluncurkan Tropicana Slim pada 2012 silam sehingga ia tidak khawatir kanibalisasi terhadap produknya tersebut. “Corn oil itu punya rasa atau aroma yang sudah dikenal oleh orang indonesia. Canola oil ini adalah green oil dan orang indonesia belum terbiasa dengan minyak zaitun,” imbuhnya. Kendati canola oil belum terbiasa, ia yakin produk ini akan diterima masyarakat Indonesia.

Apalagi ditambah dengan pesaingnya yang belum banyak dan mereka berasal dari brand luar negeri. “Brand yang ada itu merek import dan kami Tropicana Slim PD. Kami melihat bahwa dengan kekuatan brand kami dan distribusi yang sudah nasional, kami bisa mengembangkan pasar dengan confidence,” ujarnya.

Sebagai upaya marketing komunikasi, selain meluncurkan TVC, nantinya Tropicana Slim akan menggandeng komunitas ibu rumah tangga dan blogger yang hobi memasak. Kegiatan ini akan dieksekusi dalam bentuk edukasi dengan tujuan untuk meningkatkan awareness penggunaan minyak sehat. “Sebenarnya bukan activation untuk penjualan, tetapi untuk meningkatkan awareness mengenai hidup yang lebih sehat. Jadi akan kita kupas banyak tentang minyak sehat itu seperti apa, dan tentunya akan soft sell,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)