Upaya Elevania Tingkatkan Transaksi

JAMES LEE- CEO elevenia

Dengan hadirnya kategori Airlines, James Lee, CEO Elevania berharap Elevania dapat memberikan akses lebih mudah bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan pembelian tiket pesawat

Persaingan industri e-commerce Indonesia semakin sesak dengan lahirnya banyak pemain baru, baik dari perusahaan besar ataupun dari UKM (usaha kecil menengah). Bagaimana bertahan di ekosistem teknologi yang cepat dan persaingan yang ketat ini? Elevania, misalnya, mengatasi tantangan itu dengan kerap melakukan inovasi.

“Inovasi. Itu yang menjadi kunci kami dalam membangun ekosistem marketplace di Indonesia,” ujar James Lee, Chief Executive Office Elevenia. Dalam menjalankan inovasi itu, lanjut lelaki berkebangsaan korea ini, Elevenia harus berpegang pada dua dua fokus, yakni Penjual (seller) dan Pembeli (konsumen).

Pada awal kemunculan e-commerce joint venture PT XL Axiata dan SK Planet ini – Maret 2014 lalu – Elevania mengaku hanya memiliki 6.000 penjual dengan 700.000 produk. Berselang 1,5 tahun kemudian, Elevania berhasil menambah jumlah penjual hingga lebih dari 26 ribu penjual dan lebih dari 2,3 juta produk per September 2015.

“Sebagai fokus kami kepada Seller, hanya elevenia yang memiliki fasilitas Seller Zone, yang merupakan fasilitas pertama dan satu-satunya yang dibangun oleh e-commerce untuk para Seller. Hingga saat ini, Seller Zone elevenia telah melayani lebih dari 10.000 seller dalam penyediaan pengambilan foto dan juga training,” tambahnya.

Dituturkan James, pada awal beroperasi, transaksi elevenia lebih dari 70% berasal dari DKI Jakarta. Namun kini, seiring dengan gencarnya menggandeng seller, transaksi di Elevania berhasil meluas sehingga 45% transaksi di marketplace itu berasal dari luar DKI Jakarta. Berbicara transaksi, dikatakan James, per harinya Elevenia memiliki rata-rata 20.000 transaksi. Sedangkan jumlah traffic terbesar berasal dari platform mobile atau sekitar 60%.

“Bagi kami, tentunya semua hasil ini tidak akan terwujud tanpa adanya rasa percaya dan puas dari pelanggan dan juga penjual di elevenia. Dan satu hal lagi, kami sangat berterima kasih kepada para elevenia, baik bank, mitra payment gateway, mitra logistik, yang terus memberikan layanan terbaik kepada penjual dan konsumen kami,” tutur James.

Untuk meningkatkan lagi jumlah transaksi itu, sebagai bagian dari inovasi, di bulan Oktober ini Elevania menambahkan kategori Airlines. Penambahan kategori ini, menurut James, adalah berdasarkan insight bahwa traveling sudah menjadi bagian dari gaya hidup konsumen masa kini. “Dengan hadirnya kategori baru ini, kami ingin memberikan akses lebih mudah bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan pembelian tiket pesawat mereka,” ungkap James.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)