Upaya Kerry Indonesia Menciptakan Nutrisi Berkelanjutan

MIX.co.id - Pasar daging alternatif dunia diperkirakan mencapai US$9,5 miliar pada tahun 2023 mendatang, di mana Asia merupakan daerah terbesar kedua di dunia untuk alternatif daging berbasis nabati.


Di Indonesia, masyarakat mulai melirik makanan tersebut. Hal itu ditandai dengan pertumbuhan bisnis F&B (Food & Beverage) di Indonesia yang fokus pada makanan plant- based sebagai bukti adanya pasar untuk bisnis ini.

Selain itu, perhatian masyarakat terhadap kesehatan dan dampak lingkungan juga telah mendorong konsumen untuk mencari alternatif pengganti daging dengan makanan yang berbasis nabati (plant-based).

Terbukti, studi Kerry baru-baru ini menunjukkan bahwa kesehatan dan kebugaran telah mendorong konsumen di Indonesia untuk mencari alternatif daging nabati, namun tidak dengan pengalaman rasanya.

Konsumen mengatakan bahwa produk plant-based yang ada di pasaran tidak memiliki daya tarik dari segi rasa. Protein hewani masih kerap dianggap sebagai sumber protein yang lebih baik dibandingkan dengan alternatif daging.

Namun kini, lebih banyak konsumen di Indonesia yang terbuka untuk mencoba produk plant-based, karena rasa penasaran meski menganggapnya hanya sebagai makanan pendamping yang dikonsumsi sesekali, atau dimakan sebagai bagian dari diet yang dijalani.

Menurut penelitian, 67% konsumen di Indonesia menyatakan minatnya pada produk plant- based, dengan 50% bersedia mengonsumsinya secara teratur. Namun, 60% konsumen mengharapkan produk plant-based dapat ditawarkan dengan harga yang bersaing dengan produk daging.

“Rasa menjadi alasan nomor satu dalam keputusan pembelian. Konsumen menginginkan produk plant-based yang sesuai dengan rasa dan tekstur daging namun dengan nutrisi yang lebih baik, diproduksi secara berkelanjutan, dan terjangkau,” ungkap Jie Ying Lee, Senior Strategic Manager Plant-based, Kerry APMEA.

Lebih jauh ia menjelaskan, meski demikian, banyak produk plant-based yang ada saat ini justru tidak memenuhi harapan mereka, terutama dalam hal rasa, di mana 70% konsumen di Asia Pasifik mengatakan bahwa rasa dan tekstur produk plant-based tidak sesuai dengan daging asli. "Kabar baiknya mereka berkenan menjadikan produk plant-based sebagai bagian rutin dari diet jika memang produknya enak,” ucap Jie.

Flexitarian, kelompok konsumen utama yang mendorong pertumbuhan kategori makanan plant-based di seluruh dunia, secara aktif mencoba untuk mengurangi konsumsi daging dan susu. Tetapi, karena masih mengonsumsi daging dan produk olahan susu, ekspektasi rasa nabati konsumen menjadi terdorong oleh pengalaman ini.

“Ada banyak tantangan terkait dengan menciptakan produk makanan plant-based, terutama seputar rasa gurih, serta menciptakan cita rasa yang lebih enak,” tambah Jie.

Berangkat dari fakta itu, Kerry bermitra dengan industri menciptakan dunia nutrisi berkelanjutan, yang dipimpin oleh keahlian perusahaan dalam hal rasa.

Radicle by Kerry pun mengambil pendekatan di empat pilar, yakni Rasa, dengan sistem rasa yang dikembangkan untuk protein nabati agar tercipta rasa gurih dan lezat; Fungsionalitas, berfokus pada tekstur, kinerja, dan kesegaran untuk pengalaman makan terbaik; Keberlanjutan, dengan bahan utama nabati yang mengandung manfaat fungsional dan sensorik; dan Nutrisi dengan memperakaya produk plant-based yang optimal nutrisinya.

Ditambahkan Senior Marketing Manager Kerry Indonesia Rizki Adriyan, “Memberikan rasa yang enak dengan nutrisi yang ditingkatkan akan menjadi kunci sukses dalam produk plant-based. Dengan meningkatnya minat konsumen terhadap alternatif daging, Indonesia menghadirkan peluang dinamis bagi perusahaan maupun merek untuk memanfaatkan permintaan yang meningkat ini dengan menciptakan makanan plant-based yang inovatif, bergizi, dan enak yang bisa menjadi pilihan konsumen, bukan hanya sekedar alternatif.”

Sebagai bagian dari komitmen Kerry terhadap perkembangan perusahaan dalam menghadirkan teknologi yang lebih inovatif, lanjutnya, Kerry menambah investasi barunya di Indonesia dengan membangun pabrik perasa makanan yang otentik di Karawang yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan keandalan dan kecepatan.

“Sebagai fasilitas yang canggih, Kerry berkomitmen untuk mengikuti selera lokal yang tidak hanya terbatas di Indonesia, tetapi juga di seluruh Asia Tenggara,” pungkas Josh Strong, Marketing Director Kerry Asia Tenggara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)