Upaya Telkom Menggandeng Developer Muda

Tiga objektif dipatok PT Telkom Indonesia pada event "Telkom Hackathon 2018". Ketiga objektif itu adalah menjaring terobosan inisiatif digital di berbagai bidang, mendukung tumbuhnya enterpreneur digital, serta menggali potensi generasi muda di Indonesia.

Dikatakan Ahmad Djakarsih, Ketua Satgas Telkom Hackathon 2018, event "Telkom Hackathon 2018" merupakan sebuah kompetisi pengembangan aplikasi bisnis digital dengan menggunakan produk API dan big data analitik dari pada platform digital Telkom terbaru, xsight.

“Platform xsight ini memberikan pengalaman Like Never Before bagi perusahaan dan developer dalam hal memanfaatkan Big Data dan API Telkom Group dan partner secara mudah,” ujarnya.

Ahmad menambahkan, ada empat kategori pengembangan aplikasi yang dapat diikuti oleh peserta perorangan maupun tim (yang terdiri dari empat orang) pada kompetisi “Telkom Hackathon 2018”. Keempat kategori itu adalah e-Commerce, Logistik, Financial Services, dan kategori umum.

Diuraikan Ahmad, event “Telkom Hackathon 2018” digelar dalam beberapa fase. Dimulai dengan babak Roadshow, Penyisihan, Coaching Clinic, dan Grand Final.

Untuk program roadshow, lanjut Ahmad, event akan digelar di lima kota di Indonesia, yakni Makassar pada 18 Desember 2017, Yogyakarta pada 19 Desember 2017, Malang pada 19 December 2017, Bandung pada 20 Desember 2017, dan Jakarta pada 20 Desember 2017. “Roadshow akan digelar di lokasi DILO (Digital Lounge) Telkom Indonesia,” ujarnya.

Melalui program roadshow, developer akan diajak mengenal lebih jauh mengenai bisnis digital Telkom Group, Indigo Inkubator program, dan perkenalan dengan produk API dan Big Data yang ada di www.telkomxsight.com.

Selanjutnya, peserta diberikan waktu untuk mendaftarkan dan mengembangkan karya mereka dalam bentuk Minimum Viable Product (MVP) via online di expose.uzone.id/hackathon sampai tanggal 11 Februari 2018.

“Setelah seluruh karya peserta dikurasi oleh tim juri, pada tanggal 17 Februari 2018, Telkom akan mengumumkan 20 tim finalis untuk diundang guna mengikuti tahap akhir, yaitu coaching clinic dan grand final,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)