Microsoft Corp. secara resmi meluncurkan update sofware terbaru yaitu Windows 10 yang serentak diumumkan di 190 negara, salah satunya Indonesia. Menurut Andreas Diantoro, President Director Microsoft Indonesia, Windows 10 merupakan hasil feedback dari 5 juta pecinta Windows di seluruh dunia.
Peluncuran Windows 10 di Jakarta
“Microsoft berkomitmen untuk membuat Windows inklusif dan relevan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Maka dari itu, program Windows Insider dibuat untuk menjadi wadah interaksi kami dengan pengguna yang ingin menyampaikan kritik dan masukan mengenai Windows 10,” ujar Andreas di sela-sela peluncuran pada Rabu (29/7) di Jakarta.
Andreas mengklaim bahwa Windows 10 merupakan Windows terbaik sepanjang masa. “Ini adalah the best Windows ever. Kami mengkombinasikan fitur yang sudah familiar seperti kembalinya menu Start di pojok kiri dan menghadirkan inovasi salah satunya adalah asisten digital personal Cortana yang sebelumnya hanya ada di Windows Phone,” jelasnya. Windows 10, lanjut Andreas, diciptakan atas tiga value, yaitu untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal, mengubah proses bisnis dan produktivitas, dan membangun intelligent cloud.
Untuk mendorong masyarakat beralih ke Windows 10, menurut Lucky Gani, Business Group Lead Windows, Microsoft akan gencar mengadakan kegiatan yang dikemas dalam bentuk edukasi, baik lewat media, melalui komunias seperti komunitas Windows Phone Indonesia, Windows Community Indonesia, Microsoft Student partner, melalui retailer, ataupun jurnalis.
“Yang paling penting sebetulnya kuncinya adalah jurnalis. Inilah kami mengharapkan beritakan yang baik-baik kepada mereka bahwa this windows is for you. Yang bisa productive, stay cool, dan mengupdate PC menjadi bagus kembali,” ujar Lucky yang ditemui MIX Marcomm seusai konferensi pers. Sementara di ranah digital, Microsoft Indonesia gencar mengkomunikasn lewat hashtag #Moveto10.
Lucky melanjutkan bahwa Microsoft tidak menargetkan jumlah pengguna Windows 10 ini. “Target kami adalah bagaimana windows disukai dan dicintai. Millions of people have reserved. Tapi objektifnya adalah bagaimana konsumen happy dulu,” tambahnya.