Rakuten E-Commerce Index 2014 mengungkap bahwa transaksi melalui perangkat mobile menjadi pendorong utama pertumbuhan e-commerce Indonesia, antara lain 25% lewat smartphone dan 15,5% dari tablet. Melihat peluang tersebut, e-commerce asal Jepang, Rakuten, berkomitmen meningkatkan layanan, baik untuk partner bisnis maupun konsumennya.
Yasunobu Hashimoto, General Manager Rakuten Belanja Online mengatakan, “Sebagai pelopor marketplace B2B2C, Rakuten tetap berkomitmen untuk berinvestasi dalam teknologi dan layanan yang inovatif, saat memperluas ekosistem untuk memberikan nilai yang lebih besar bagi bisnis kecil dan pelanggan di Indonesia."
Selain fokus penetrasi di Indonesia, perusahaan layanan berbasis digital ini juga berekspansi dengan membeli sebagian saham AirAsia Japan, pada Rabu, (2/7/2014) di Jepang. Jumlah yang disepakati dalam pembelian tersebut mencapai 18 persen dari total saham.
AirAsia Japan adalah maskapai penerbangan murah (low cos carrier) dari jaringan AirAsia yang akan diluncurkan di Jepang. Melalui pembelian saham ini, Rakuten bermaksud untuk memperkuat Rakuten Travel – layanan perjalanan yang telah memiliki anggota jaringan sebanyak 29.250 hotel. (MS)