Cara Coca-Cola Ciptakan Brand Engagement Lewat Kemasan

Memanfaatkan momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, Coca-Cola menggelar kampanye “Share A Coke”. Kampanye global tersebut menghadirkan 70 nama popular di Indonesia pada kemasan Coca-Cola. Sejak pertama kali diluncurkan, aktivasi “Share A Coke” telah menyebarkan kegembiraan dan menghadirkan pengalaman unik di lebih dari 80 negara di dunia.

SHARE A COKE

Dengan menggunakan kekuatan sebuah nama, kampanye “Share a Coke” hadir untuk menginspirasikan sebuah cara unik dan menyenangkan untuk mempererat hubungan antar manusia serta memfasilitasi terbukanya hubungan pertemanan baru yang lebih luas. Sejatinya, langkah itu juga dapat menciptakan brand engagement antara Coca-Cola dengan konsumen.

Diungkapkan Andrew Hallatu, Communication Manager Coca-Cola Indonesia, “Inti dari hadirnya nama- nama konsumen dalam kemasan Coca-Cola adalah menjadikannya sebagai sesuatu yang ‘personal’, yang tentunya dapat menghadirkan senyuman bagi siapa saja yang melihatnya. Lebih jauh lagi, melalui kekuatan sebuah nama, kita dapat terinspirasi untuk kembali mengingat orang-orang terdekat kita yang mungkin sudah lama terlupakan atau bahkan membuka pertemanan yang baru. Kami berharap lebih banyak orang dapat merayakan momen spesial yang tercipta melalui aksi sederhana berbagi Coca-Cola. Hal ini sesuai dengan misi perusahaan kami di seluruh dunia, yaitu untuk terus menciptakan momen berbagi kegembiraan lewat kehadiran Coca-Cola.“

Ditambahkan Suryanto Gunawan, Marketing Manager Coca-Cola Indonesia, 70 nama tersebut adalah bagian awal dari “Share A Coke” di Indonesia. Selain akan terus menghadirkan nama-nama baru hingga akhir tahun ini, kampanye “Share A Coke” juga akan diikuti dengan berbagai program seru. Mulai dari aktivasi konsumen di toko (in-store activation), hingga aktivasi digital lewat sosial media.

“Dalam pelaksanaannya kami akan menggunakan kemasan botol PET 250ML dan 425ML sebagai medium utamanya. Untuk kemasan botol PET yang lebih besar 1L & 1,5L akan dihiasi dengan kombinasi kata-kata sebagai identitas grup atau kegiatan bersama, seperti 'Anak Bola', 'Bikers', atau 'Nobar'. Sedangkan untuk kemasan kaleng, akan menggunakan lebih banyak kata-kata yang sering dipakai dalam percakapan sehari-hari, seperti 'Sayang',” terang Suryanto.

Demi mengamplifikasi kampanyenya, “Share A Coke” juga didukung dengan berbagai aktivasi melalui digital dan sosial media. Lewat website ShareACoke.Coca-Cola.co.id, Facebook (Coca-Cola), Twitter (@CocaCola_ID), Instagram (@CocaCola_ID), dan LINE (Coca-Cola Indonesia), konsumen dapat mencari nama mereka dan nama-nama dari orang terdekat mereka untuk kemudian berbagi kegembiraan secara digital.

"Melalui website Coca-Cola, konsumen dapat membuat kemasan Coca-Cola dengan yang bertuliskan nama, sesuai dengan yang mereka inginkan untuk kemudian berbagi di media sosial. Sejauh ini kita mulai bisa melihat semakin banyak orang yang berbagi kegembiraan melalui “Share A Coke” di sosial media. Termasuk, para selebriti Indonesia yang berbagi pengalaman seru mereka lewat foto-foto selfie dengan kemasan Coca-Cola bertuliskan nama mereka. Semua terhubung melalui penggunaan #ShareACokeID,” Suryanto menerangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)