Catat Laba Rp 1 Trilun, Trikomsel Ekspansi Bisnis e-Commerce

Sepanjang tahun 2014, Trikomsel, perusahaan distributor dan pemilik jaringan gerai ritel produk telekomunikasi OkeShop dan Global Teleshop, mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar Rp 10,78 triliun, tumbuh dibandingkan tahun sebelumnya Rp 411,56 miliar. Dalam laporan tahunan 2014 yang diterima MIX Marcomm, disebutkan bahwa pertumbuhan ini ditunjang oleh meningkatnya penjualan lokal terutama pada penjualan ritel yang tumbuh sebesar Rp 462,46 miliar.

Trikomsel Tbk (Ki-Ka) Karnadi Widodo - Corporate Secretary Trikomsel Tbk; Sugiono Wiyono Sugialam - Presiden Direktur Trikomsel Tbk; Juliana Julianti Samudro – Direktur Trikomsel Tbk dalam pemaparan hasil RUPS Trikomsel Tbk 2015, Jumat (24/4) di Hotel JW Marriot Kuningan, Jakarta.

Selain pendapatan, laba usaha Trikomsel selama tahun 2014 juga tercatat tumbuh sebesar Rp 1,08 triliun, meningkat dibandingkan tahun 2013 sebesar Rp 1,03 triliun. Sedangkan laba bersih atau laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk, mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2013. Hal ini terutama disebabkan oleh meningkatnya beban keuangan Trikomsel.

Juliana Samudro, Direktur Trikomsel mengungkapkan, “Di tengah pertumbuhan ekonomi Indonesia yang melambat, tingginya inflasi dan terdepresiasinya nilai tukar Rupiah terhadap USD selama tahun 2014, kami membuktikan bahwa kami tetap mampu bertumbuh. Pertumbuhan ini terutama karena para stakeholder kami yang secara konsisten selalu memberi dukungan kepada Trikomsel sehingga kami dapat melalui tahun 2014 dengan baik.”

Di tahun 2015 ini, Trikomsel mengawali bisnisnya dengan melakukan ekspansi ke e-commerce. Untuk itu, tahun ini Trikomsel resmi bekerja sama dengan SingPost yang akan menjadi partner utama bagi merek dan merchant bisnis e-commerce di Indonesia yang kini semakin tumbuh pesat. Kerja sama tersebut antara lain dilakukan dengan penyediaan logistik dan omni-channele-commerce bagi perusahaan-perusahaan global terkemuka dan merek-merek terkenal di Indonesia.

Kemitraan ini akan menggabungkan kelebihan Trikomsel dalam hal kepemilikan jaringan distribusi di Indonesia—kurang lebih 900 gerai dan melayani ribuan peritel pihak ketiga yang tersebar di seluruh Indonesia—dengan keahlian SingPost dalam operasional logistik dan e-commerce secara regional. Objektif utama kerja sama ini adalah untuk menghadirkan solusi layanan bisnis e-commerce yang lengkap demi mencapai kepuasan berbelanja online bagi para konsumen.

Terkait penggunaan laba bersih, pemegang saham Trikomsel menyetujui dan menetapkan penggunaan laba bersih 2014 sebagai cadangan umum sebesar Rp 1 miliar dan sisanya sebesar Rp 313,41 miliar dibukukan sebagai laba ditahan. Ketetapan ini bertujuan untuk memperkuat struktur modal kerja Trikomsel dan sekaligus untuk menopang pertumbuhan kinerja Trikomsel agar terus tumbuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)