Dalam enam bulan terakhir hanya tiket perjalanan (kereta, pesawat, bus), voucher hotel, tiket sinema, mainan (toys), dan jam tangan yang penjualannya lebih banyak terjadi via online ketimbang offline. Temuan ini terungkap dalam survei tentang Shoppers Behavior in Omnichannel Era in Indonesia 2019 yang diselenggarakan oleh DekaInsight kepada 1.169 responden di delapan kota di Indonesia (yang meliputi kawasan Sumatera, Banten dan Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Nusatenggara, Sulawesi dan Kalimantan)\ pada Agustus 2019.
Sementara itu, di 12 kategori produk lainnya yang disurvei, shopper lebih banyak berbelanja offline alias datang langsung ke toko ketimbang belanja online. Ke-12 kategori produk tersebut adalah beauty & personal care (sabun mandi dan sampo, kosmetik, obat dan vitamin tanpa resep), fashion (baju dan sepatu), elektronik (handphone dan televisi), groceries (sayuran dan buah-buahan, serta susu), hobi (buku), dan perlengkapan bayi (popok bayi dan susu bayi/anak-anak).
Fakta menarik berikutnya, Traveloka ternyata menjadi online travelling services pertama yang dituju para shopper untuk membeli tiket perjalanan (kereta, pesawat, dan bus) serta voucher hotel secara online. Online travelling services kedua yang menjadi tujuan para shopper tiket perjalanan adalah tiket.com (kecuali untuk tiket kereta yang langsung ke online channel PT KAI dan tiket bus yang menuju BukaLapak).
Sementara itu untuk belanja kategori produk beauty and personal care, serta fashion, meskipun shopper pada umumnya masih berbelanja secara offline, yang berbelanja online pada umumnya mengunjungi online shop Shopee.
Pertanyaan berikutnya, ke mana para shopper berbelanja offline? Selain ke minimarket Alfamart dan Indomaret, mereka datang ke Electronic City (untuk pembelian peralatan elektronik), Matahari (untuk produk fahion), pasar tradisional (untuk sayuran dan buah-buahan), atau langsung datang ke gerai brand yang bersangkutan (seperti Wardah).
Khusus tentang belanja online, survei ini menunjukkan bahwa mereka pada umumnya menggunakan JNE sebagai kurir, dan masih memakai metode pembayaran cash on demand (COD). Akan halnya tentang metode pembayaran, OVO dan GoPay sebagian besar dipakai untuk pembayaran online ride hail. Sedangkan Dana kebanyakan dipakai untuk pembayaran belanja di restoran.