Digital Marketing

BAGAIMANA CARA NETFLIX MEREVOLUSIONERKAN MARKETING ALGORITMA

Netflix mengguncang industri dengan algoritma marketing yang inovatif, mengubah dinamika pencarian konten bagi 200 juta penggunanya dan mengukuhkan posisi sebagai pemimpin pasar streaming.

x

Netflix telah menjadikan algoritma sebagai kunci sukses bisnisnya. Sejak memperkenalkan CineMatch pada tahun 2000, Netflix telah merombak cara pengguna menemukan dan memilih tontonan. Algoritma yang awalnya hanya mengandalkan sistem penilaian dari pengguna, telah berevolusi menjadi sebuah sistem rekomendasi yang canggih, yang memperkuat posisi Netflix dalam meningkatkan penjualan dan promosi produk.

Algoritma ini memainkan peran penting dalam menyempurnakan rekomendasi yang dipersonalisasi, sebuah strategi yang menjadi semakin penting seiring berkembangnya era streaming sebagai cara utama menikmati konten. Informasi yang diperoleh dari kebiasaan streaming pengguna memberikan wawasan yang mendalam dan berharga untuk meningkatkan algoritma rekomendasi Netflix.

Perkembangan Netflix mencakup tidak hanya peningkatan algoritma, tetapi juga penajaman personalisasi pengalaman pengguna, yang dimulai dari tampilan halaman utama hingga pemilihan konten yang dipresentasikan. Dengan hampir 200 juta pengguna global, Netflix berupaya tidak hanya untuk mengenali apa yang disukai pengguna, tetapi juga mengadaptasi berbagai faktor seperti rating, popularitas, dan metadata untuk memperkaya personalisasi.

Netflix juga telah melangkah lebih jauh dengan memperkenalkan micro-tagging pada judul-judul dalam katalognya dan melakukan pengujian A/B yang terstruktur pada halaman utama, yang telah dimulai sejak tahun 2013. Hal ini menunjukkan komitmen Netflix dalam mengintegrasikan pengolahan data algoritma dengan metode penyelidikan untuk meningkatkan antarmuka pengguna dan personalisasi konten yang ditawarkan kepada pengguna.

Strategi Netflix dalam personalisasi rekomendasi dan pengalaman pengguna merupakan hasil dari gabungan data perilaku penonton, microtags yang terstruktur, serta berbagai algoritma yang beroperasi dalam pembelajaran mesin. Walaupun profil pengguna dibentuk berdasarkan histori tontonan mereka, rekomendasi yang muncul sangat dipengaruhi oleh komunitas pengguna yang memiliki selera serupa, yang tidak hanya mencerminkan preferensi individu tetapi juga mendukung pengalaman menonton yang berbagi ciri khas.

Ted Sarandos, Chief Content Officer dan co-CEO Netflix, telah mengutarakan bahwa keputusan bisnis merupakan hasil kombinasi antara data dan pertimbangan manusia, dengan data menyumbang sekitar 70% dan pertimbangan manusia 30%. Meskipun demikian, peran intuisi dan kreativitas manusia tetap mendominasi, menandakan bahwa selain data yang menjadi landasan penting, kecerdasan manusia masih sangat dibutuhkan dalam pengambilan keputusan strategis.

Dengan memanfaatkan data dan algoritma, Netflix telah menetapkan standar baru dalam komunikasi pemasaran. Namun, Netflix juga mengakui pentingnya peran manusia dalam memahami dan merespons kebutuhan serta keinginan yang berubah-ubah dari audiensnya.

Netflix telah merevolusi dunia komunikasi pemasaran dengan strategi yang berpusat pada data dan algoritma. Dengan cara ini, perusahaan telah bertransformasi dari penyedia layanan penyewaan DVD menjadi raksasa streaming yang mendominasi pangsa pasar global. Penerapan teknologi data tidak hanya memperkaya pengalaman pengguna tetapi juga mempengaruhi setiap aspek dari strategi pemasaran mereka.

Salah satu keberhasilan terbesar Netflix adalah kemampuannya untuk menyajikan konten yang dipersonalisasi. Menggunakan algoritma yang mengumpulkan data perilaku pengguna, Netflix dapat menawarkan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi individu. Setiap pengguna disambut dengan beranda yang berisi katalog disusun sesuai dengan apa yang telah mereka tonton sebelumnya, meningkatkan kemungkinan untuk menemukan tontonan berikutnya yang akan disukai. Ini menciptakan lingkungan yang sangat disesuaikan, yang mana mengefektifkan waktu pengguna dalam mencari konten dan mengurangi kemungkinan mereka beralih ke layanan kompetitor.

Di samping itu, Netflix juga menerapkan data dalam pengambilan keputusan strategis mereka. Hal ini tercermin dalam pilihan judul yang diproduksi. Bukan hanya preferensi genre yang menjadi pertimbangan, tetapi juga popularitas sutradara dan aktor, serta tren genre di kalangan penonton. Misalnya, keberanian Netflix dalam memproduksi “House of Cards” adalah hasil dari analisis data yang menunjukkan bahwa kombinasi drama politik, sutradara ternama, dan aktor yang memiliki pengikut setia akan diterima dengan baik oleh audiens.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Asuransi Astra Pilih Pendekatan Employee Volunteering di Perayaan HUT ke-68

MIX.co.id - Merayakam Hari Ulang Tahun (HUT) ke-68, Asuransi Astra menyerahkan bantuan operasional kepada enam…

3 mins ago

TikTok Ungkap Karakter Konsumen di Momen Mega Sales

MIX.co.id – Momen angka kembar di akhir tahun seperti 10.10, 11.11, dan 12.12 yang dikenal…

10 hours ago

SMOPI Garap Pasar Vape di Indonesia

MIX.co.id – Indonesia merupakan pasar potensial bagi industri vape atau rokok elektrik. Dengan jumlah pengguna…

11 hours ago

Purina Pro Plan Edukasi tentang Pentingnya Nutrisi bagi Hewan Peliharaan di IIPE 2024

MIX.co.id - Purina Pro Plan menggelar rangkaian talkshow pada “Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2024”,…

13 hours ago

Passion Jewelry  dan Nyoman Nuarta Berkolaborasi Luncurkan Koleksi Perhiasan dengan 17 Desain Eksklusif

MIX.co.id - Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta berkolaborasi eksklusif merilis koleksi perhiasan terbaru. Kolaborasi tersebut…

13 hours ago

AMD Perkenalkan Prosesor Terbaru Berbasis AI

MIX.co.id - Studi “AI Monitor 2024” terhadap 23.685 responden di 32 negara di dunia, termasuk…

14 hours ago