Empat Strategi Kunci Membesarkan Bisnis Elevenia

Genap setahun hadir di Indonesia, Elevenia makin menancapkan taringnya di industri e-commerce. Market place yang merupakan usaha patungan antara PT XL Axiata dan PT XL Planet itu, dalam tempo setahun sudah sanggup menembus GMV Rp 60 miliar. Tahun 2015 ini, GMV Elevenia dipatok naik tajam, hingga menyentuh Rp 1,1 triliun.

Genap setahun pada 11 Maret ini, Elevenia kian agresif membesarkan bisnis e-commerce di Indonesia Genap setahun pada 11 Maret ini, Elevenia kian agresif membesarkan bisnis e-commerce di Indonesia

Ya, bisnis e-commerce di Indonesia memang masih sangat terbuka lebar. Mengingat, dominasi market masih berada di wilayah Jabodetabek dan Pulau Jawa, yakni sekitar 90%. Selain itu, penetrasi market e-commerce pun masih terhitung rendah, yakni hanya 1%. Padahal, di luar negeri penetrasi e-commerce sudah mencapai 20%.

Oleh karena itu, untuk melakukan penetrasi pasar sekaligus membesarkan bisnis Elevenia, diungkapkan James Lee, CEO Elevenia, ada empat strategi kunci yang siap dilancarkan. Keempat strategi itu adalah membangun trust atau kepercayaan publik, menghadirkan produk-produk yang terbaik, menawarkan harga yang kompetitif, dan menciptakan kenyamanan berbelanja kepada para kustomer belanja online. “Itu semua merupakan prinsip dasar Elevenia yang akan memberikan nilai lebih kepada kustomer,” tegasnya.

Ditambahkan CFO Elevenia Lila Nirmandari, Elevenia tak hanya fokus pada pembelanja online. Namun, seller yang merupakan mitra strategis Elevenia juga menjadi fokus utama Elevenia. Demi mengedukasi seller kelas UKM (Usaha Kecil Menengah) misalnya, Elevenia melakukan roadshow ke 20 kota di Indonesia. “Bahkan, kami menghadirkan Seller Zone yang dapat membantu para seller untuk bergabung di Elevenia dan menjual produknya di kami,” lanjut Lila.

Sementara itu, menyikapi fakta bahwa 60% pembelanja online di Indonesia melakukan belanja online lewat smartphone mereka, maka Elevenia menghadirkan juga mobile application. Dengan demikian, konsumen dapat dengan mudah melakukan transaksi online di Elevenia lewat mobile application.

Performa Elevenia dalam setahun pun terhitung cermerlang. Sejak hadir pada 11 Maret 2014 lalu, hingga Februari 2015 ini tercatat lebih dari 20 ribu seller yang telah bergabung di Elevenia. Selain itu, sudah ada lebih dari 2 juta produk live listing di Elevenia yang terbagi dalam 8 kategori, yakni gadget/komputer, elektronik, fesyen, kecantikan/kesehatan, anak-anak dan bayi, home/garden, hobi, serta service/food. Bahkan, hingga Maret 2015 ini, Elevenia telah memilili member sebanya 1 juta member.

Pada kesempatan itu, Agus Hartono Wijaya, Chief Sales and Marketing Officer JNE—yang merupakan pihak ketiga dari partner logistik Elevenia—mengatakan bahwa dalam tempo sembilan bulan atau hingga Desember 2014 Elevenia telah mampu mengirim lebih dari 400 ribu-500 ribu order (pengiriman). “Dari sisi achievement, kinerja pengiriman Elevenia merupakan top five di JNE,” aku Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)