Marketing Update

MENGUNGKAP EVOLUSI PRAKTIK PEMASARAN: DARI TRADISIONAL KE STRATEGI BERKELANJUTAN

Implikasi untuk Praktik Pemasaran Masa Depan

Evolusi praktik pemasaran telah menunjukkan bahwa fleksibilitas dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar merupakan aspek penting. Ketika mempertimbangkan masa depan, praktisi pemasaran perlu mengevaluasi secara kritis pendekatan mereka dan bersiap untuk mengadopsi teknologi baru, memahami preferensi konsumen yang berubah, dan merespons secara proaktif terhadap tantangan lingkungan dan sosial (Whittington, 2002).

Dalam konteks ini, peran pemasar tidak lagi hanya sebagai promotor produk atau jasa, tetapi sebagai pembangun hubungan, komunikator, inovator, dan wakil perusahaan yang bertanggung jawab sosial. Perubahan ini menandai evolusi yang lebih luas dalam peran pemasaran dalam bisnis dan masyarakat secara keseluruhan (Jarzabkowski et al., 2007).

RUJUKAN:

Blythe, J. (2005). Essentials of Marketing (3rd ed.). Pearson.

Bryan, F. (1999). Beyond the Model T: The other ventures of Henry Ford. Wayne State University Press.

Jones, D.G.B., & Tadajewski, M. (2016). The Routledge Companion to Marketing History. Routledge.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Jarzabkowski, P., & Wilson, D. C. (2002). Top teams and strategy in a UK university. Journal of Management Studies, 29(3), 357-383.

Jarzabkowski, P., Balogun, J., & Seidl, D. (2007). Strategizing: The challenges of a practice perspective. Human Relations, 60(1), 5-27.

Whittington, R. (2002). What is strategy – and does it matter? Thomson Learning.

Bagian Atas Formulir

Page: 1 2 3 4Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Ajinomoto Jalin Kemitraan dengan PLN untuk Kurangi Emisi Karbon

MIX.co.id - Laporan Kualitas Udara Dunia IQAir 2023 yang dirilis pada Maret 2024, menyebutkan bahwa…

3 days ago

Kampanyekan #GlowingLahirbatin, MS Glow Berangkatkan Umroh Para Mitra

MIX.co.id - MS Glow Beauty, merek skincare lokal dari J99 Corp., menggelar program #GlowingLahirBatin dengan…

3 days ago

Tsubaki Hadirkan Perawatan Rambut untuk Atasi Rambut Lepek dan Lifeless

MIX.co.id - Tsubaki, merek perawatan rambut asal Jepang, merilis varian terbarunya, Tsubaki Premium Volume &…

4 days ago

IKON PR TIM BELL DAN KEJATUHANNYA DI ERA DIGITAL

Dikenal atas perannya bersama politik konservatif dan pengusaha kaya, kesuksesan masa lalu Bell kini tertutupi…

4 days ago

Indosat – Mastercard Latih Keamanan Siber bagi Satu Juta Talenta di Indonesia

(kiri ke kanan) President Director & CEO Indosat Vikram Sinha memberikan keterangan pers didampingi Menteri…

4 days ago

Inisiatif Puresia dalam Menjalankan Praktik Bisnis Keberlanjutan

MIX.co.id - Merek vegan lokal, Puresia, merilis rangkaian produk perawatan tubuh yang menggunakan bahan-bahan alami,…

4 days ago