Categories: Marketing Update

Honda Mobilio Kuasai 22% Pangsa Pasar LMPV

Sepanjang tahun 2014, penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM) tumbuh hingga 174% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu dari 91.493 unit (2013) menjadi 159.147 unit (2014). Selain meraih petumbuhan tertinggi dibanding lima merek otomotif besar lainnya di Indonesia, pertumbuhan penjualan tersebut sekaligus mengantarkan HPM ke posisi ketiga di pasar otomotif nasional, naik dari posisi kelima di tahun 2013. Pangsa pasar HPM secara nasional juga tumbuh, dari 7,4% di akhir tahun 2013 menjadi 13,2% di akhir tahun 2014.

Meluncur di tahun 2014, Honda Mobilio berhasil meraih respon positif konsumen, dan mampu menguasai 22% pangsa pasar segmen LMPV nasional.

Kontribusi penjualan terbesar HPM tahun lalu datang dari kelas low multi-purpose vehicle (LMPV), yaitu Honda Mobilio, yang secara resmi diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Sepanjang tahun 2014, Honda Mobilio berhasil terjual sebanyak 79.288 unit, dan menguasai 22% pangsa pasar LMPV nasional.

Ekspansi pasar yang kami lakukan, khususnya di kelas LMPV dengan memperkenalkan Honda Mobilio, terbukti sukses mengangkat penjualan Honda di tengah kondisi pasar otomotif nasional yang cenderung stagnan di tahun 2014 lalu,” ujar Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor.

Setelah Honda Mobilio, Honda Brio juga masih bersinar sepanjang tahun 2014. Seperti Honda Brio Satya, berhasil menjadi penyumbang terbesar kedua dengan total penjualan sebesar 26.683 unit di tahun 2014. Varian Honda di kelas LCGC ini meraih pangsa pasar sebesar 16% di kelasnya. Sementara, New Honda Brio berhasil menjadi market leader di kelas City Car dengan total penjualan sebesar 12.010 unit di tahun 2014, dan menguasai 27% pangsa pasar di kelasnya.

Di kelas Hatchback, HPM masih diperkuat varian andalannya Honda Jazz yang model terbarunya diluncurkan pertengahan 2014 lalu. Sepanjang tahun 2014, Honda Jazz terjual sebanyak 22.329 unit, dan masih bertahan sebagai market leader di segmen Hatchback dengan penguasaan pasar sebesar 39% di kelasnya.

Di tahun 2015 ini, HPM kembali memperluas ekspansi pasar. Selain melakukan penyegaran terhadap beberapa variannya, HPM juga menghadirkan Honda HR-V yang merupakan model Crossover Utility Vehicle (CUV) pertama Honda di Indonesia. “Dengan produk baru kami di tahun 2015, seperti New Honda CR-V yang baru diluncurkan di awal tahun 2015 ini, serta Honda HR-V yang akan mulai dikirim ke konsumen di akhir Januari ini, kami percaya dapat meneruskan tren penjualan yang positif bagi Honda,” pungkas Jonfis.

Marina Silalahi

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

16 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

17 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago