Panasonic Garap Pasar Baterai untuk Remote Control

PT Panasonic Gobel Energy Indonesia selaku produsen baterai merek Panasonic meluncurkan produk baterai AAA yang khusus digunakan untuk remote control. Secara umum, baterai AAA telah beredar luas di market dengan beragam merek dan penggunaan yang juga beragam seperti untuk kamera, mainan elektronik untuk anak-anak, lampu senter, AC, termasuk pula remote control.

Panasonic

“Namun, hanya baterai Panasonic yang spesifik untuk remote control. Ini artinya, Panasonic sebagai pionir yang membuka segmen baru baterai AAA di kelas battery solutions,” ujar Product Manager Battery Panasonic Gobel Indonesia, Rika Novita saat acara media visit ke pabrik Panasonic di Bekasi.

Dijelaskan, ceruk pasar baterai untuk remote control sangat menggiurkan karena di era teknologi maju saat ini hampir semua produk elektronik digerakkan oleh remote control. NPD Display Search, sebuah lembaga riset global memaparkan penjualan TV global selama 2007-2013 mencapai 1,5 miliar unit. Dengan asumsi 1 unit TV menggunakan 2 baterai untuk remote control maka permintaan akan baterai AAA mencapai 3 miliar unit baterai AAA per tahun. Life cycle baterai berumur setahun.

“Ini baru satu item saja, yakni TV. Padahal, banyak peralatan elektronik rumah tangga yang membutuhkan remote control. Kami predikasi, market size baterai khusus untuk remote control mencapai triliunan rupiah secara global. Sedangkan di market nasional, baru ratusan miliar rupiah,” ujar Edwart Widianta, Sales Marketing Panasonic.

Setiap tahun Panasonic memproduksi lebih satu miliar baterai, dimana 30 persennya tipe batera AAA. Dari total produksi tersebut, 80 persen diekspor ke 56 negara dan 20 persen untuk lokal. “Kami optimis baterai untuk remote control ini optimal akan diserap pasar karena tak ada kompetitornya. Penjualan ditargetkan tumbuh dua digit tahun ini,” ujar Novita.

Edukasi komunikasi ke khalayak dilakukan melalui kegiatan road show ke sekolah-sekolah dasar (SD) di Bogor pada November-Desember 2014, berlanjut ke Semarang dan Surabaya pada awal tahun 2015 dengan target auidience adalah murid sekolah dasar. Obyektif event, menurutnya, menciptakan top of mind brand Panasonic sebagai baterai remote control di benak anak-anak sebegai calon generasi penerus sesuai dengan taglne “Baterai Panasonic AAA Jodohnya Remote Control.” Selain event, edukasi juga dilakukan melalui sosial media twitter dan Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)