Pasar Elektronik Menyusut, Dua Merek Asal Korea Genjot Produk Premium

Kendati Gabungan Pengusaha Elektronik meyakini bahwa kinerja penjualan produk elektronik dalam negeri sepanjang kuartal I 2015 mengalami penurunan terburuk dalam beberapa tahun terakhir, namun tak sedikit produsen elektronik di Indonesia yang masih optimistis. Salah satunya, PT LG Electronics Indonesia. Di usianya yang ke-25 tahun, awal Mei ini LG memperkenalkan jajaran produk elektronik anyarnya—yang dibandrol dengan harga premium—lewat format “Rumah Masa Depan ala LG”.

LG luncurkan koleksi produk elektronik premium lewat konsep "Rumah Masa Depan ala LG" LG luncurkan koleksi produk elektronik premium lewat konsep "Rumah Masa Depan ala LG"

Pada kesempatan itu, LG memperkenalkan koleksi terbaru di pasar elektronik untuk memenuhi kebutuhan dapur, ruang cuci, hingga pendingin ruangan. Di ruang dapur, LG memperkenalkan dua lemari es terbarunya, yakni LG Dual Door-in-Door Refrigerator dan LG Water Purifying Refrigerator. Diungkapkan Felix Chandra, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia, kehadiran LG Dual Door-in-Door berangkat riset yang dilakukan oleh LG terhadap rumah tangga di dunia.

“Hasil riset yang dilakukan pada tahun 2010 menunjukkan bahwa pintu kulkas di rumah dibuka sebanyak 79 kali dalam sehari. Dan, jenis makanan dan minuman yang paling sering diambil dari kulkas adalah makanan dan minuman ringan,” kata Felix di sela-sela press conference bersama media, pelanggan, dan dealers LG di Jakarta hari ini (4/5).

Untuk itu, LG meluncurkan inovasi baru berupa tempat penyimpanan unik, yang peletakannya menempel pada kedua bilah pintu lemari es bagian atas. Dengan LG Dual Door-in-Door Refrigerator, LG mencatatkan diri sebagai perusahaan pertama dan satu-satunya di dunia yang memiliki desain unik pada lemari es side by side.

Sementara itu, memasuki ruang cuci, ada tiga koleksi besar yang ditawarkan. Ketiganya adalah LG Twin Wash, LG TurboWash, dan LG Styler. Baik LG Twin Wash maupun TurboWash diklaim LG dapat menekan kebutuhan listrik hingga 41%, jika dibandingkan dengan mesin cuci front loading lainnya.

Pada kategori pendingin ruangan, LG memperkenalkan LG Hybrid Maxima. Sejatinya, melalui produk baru tersebut, ditambahkan Head of Product Marketing Air Conditioner LG Electronics Indonesia Arief Sasono Aji, LG mencoba memenuhi kebutuhan sekaligus ekspektasi dari konsumen Indonesia akan produk AC.

“Lewat riset yang kami lakukan, konsumen Indonesia, terutama konsumen Jakarta, membutuhkan AC yang mampu menghadirkan udara dingin, sterilisasi udara, dan hemat energi. Ketiganya kami jawab lewat AC LG Hybrid Maxima dan LG Air Purifier Mont Bianca,” terang Arief, yang menyebutkan bahwa LG Hyrbid Maxima mampu menekan penggunaan daya listrik hingga 40%.

Bukan hanya LG yang optimis. Perusahaan asal Korea lainnya, Dongbu Daewoo Electronics juga turut meramaikan produk elektronik yang menyasar pasar premium. Daewoo yang baru saja hadir di Indonesia pada April 2015 lalu, langsung memperkenalkan empat produk premiumnya sekaligus kepada media dan para dealers. Dua produk barunya, mesin cuci “Batik Care” dan air fry oven “Ayam Goreng”, dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Dua produk lainnya yang diluncurkan pada kesempatan itu adalah lemari es “The Classic” dan mesin cuci “Mini Drum”.

Sebagai pendatang baru, Daewoo akan memperkenalkan empat produk premiumnya itu di acara launching yang akan dihadiri oleh 80 dealer yang berasal dari Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. Termasuk, 20 dealer dari Malaysia. Produk-produk Daewoo pun kini sudah memasuki modern channel seperti Electronic City, Electronic Solution, Best Denki, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)