Maraknya percakapan di dunia maya seputar Pemilihan Presiden Republik Indonesia ke-7, rupanya membawa berkah bagi para operator selular. Selama pelaksanaan pemilihan presiden (Pilpres) 2014 misalnya, layanan data melalui berbagai aplikasi tampak melonjak siginifikan.
Fakta itu diamini juga oleh XL. Menurut Vice President Corporate Communication XL Turina Farouk, layanan data melalui berbagai layanan dan aplikasi seperti Twitter, Facebook, Path, LINE, BBM serta aplikasi messaginglainnya, tampaknya menjadi pilihan favorit bagi pelanggan untuk saling berkomunikasi selama periode Pemilihan Presiden 2014.
“Hal itu ditandai dengan kenaikan yang cukup signifikan terhadap trafik layanan data di XL. Dibandingkan dengan kenaikan layanan voice maupun SMS yang tidak terlalu siginifkan,” ungkap Turina.
Pada hari biasa, trafik percakapan mencapai 510 juta menit/hari, SMS sebesar 700 juta SMS/hari,dan Data menembus 325 Terabytes/hari. Dua hari menjelang pencobolosan, 7 Juli 2014 layanan data XL mencapai 380 terabytes atau naik 16,92%. Sementara H-1, layanan data mencapai 395 terabytes atau naik 21,54%. Adapun pada hari pencoblosan, 9 Juli, layanan data menembus 415 terabytes, alias naik 27,69%.
Untuk layanan percakapan (Voice), ditambahkan Turina, persentase kenaikan tertinggi di hari-H (9 Juli 2014) adalah di daerah sentral—mencakup Jawa Barat, Jawa Tengah,dan DIY Yogyakarta-sebesar 11,04%, serta Jawa Timur 6,79%. Sementara itu, untuk layanan SMS, kenaikan tertinggi di hari-H (9 Juli 2014) adalah di daerah sentral sebesar 3,08% dan Jawa Timur 2,77%.