Categories: Marketing Update

SOON, INDONESIA RETAIL MARKETING AWARD 2015

Majalah MIX MarComm dan Qasa Consulting kembali menggelar INDONESIA RETAIL MARKETING AWARD. Dengan update metodologi, Indonesia Retail Marekting Award 2015 diberikan kepada brand yang paling outstanding di outlet berdasarkan tiga parameter penilaian, yaitu avaliability, visibility, dan affordability. Availability diukur oleh ketersediaan produk di outlet dengan ukuran kemasan yang tepat (Right Pack in The Outlet). Sedangkan visibility diukur berdasarkan Display dan POSM produk di outlet, dan affordability diukur oleh keterjangkauan harga produk di outlet (Right Price in Outlet).

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei kepada 1.221 outlet tradisional—dari berbagai tipe, yaitu toko eceran, warung belanja, dan kios rokok—di tujuh kota besar yaitu, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan & Makassar. Survei digelar pada 13 Mei sampai 13 Juni 2015.

Ada 12 kategori produk yang disurvei yaitu, Obat Batuk (42 brands), Saos Sambal/Chili Sauce (18 brands), Popok Bayi/Baby Diapers (27 brands), Obat Flu & Batuk (17 brands), Obat Flu (32 brands), Kopi Bubuk Bermerek Dalam Kemasan (46 brands), minuman siap saji/Ready To Drink (RTD) Energy Drink (26 brands), Minuman Berperisa Dalam Kemasan/RTD Flavour (60 brands), RTD Isotonic (21 brands), RTD Coffee (21 brands), RTD Milk (39 brands), dan RTD Tea (51 brands).

Apakah brand Anda termasuk dalam TOP 10 MOST AVAILABLE Brands, TOP 10 MOST VISIBLE Brands, atau TOP 10 MOST AFFORDABLE Brands di outlet tradisional Indonesia? Anda dapat membacanya di Majalah MIX MarComm edisi September yang akan terbit pada pertengahan bulan ini.

Sejatinya Indonesia Retail Marketing Award bukan barang baru. Pada 2013 kami memberikan penghargaan serupa bagi brand yang sukses di tingkat peritel lewat INDONESIA RETAILER SATISFACTION AWARD. Bedanya dengan award tahun ini, dulu parameter penilaian lebih dititik beratkan kepada keberhasilan brand dalam memuaskan para peritel (yaitu availability produk, service, dan support/dukungan prinsipal untuk promosi di toko). Dasar pemikirannya, ketika pedagang eceran puas terhadap layanan distributor—yang notabene merupakan perpanjangan tangan prinsipal dalam mendistribusikan produknya, mereka akan membantu prinsipal mempromosikan atau menawarkan merek tersebut secara aktif kepada konsumennya.

Untuk informasi lebih detail tentang survei dan penghargaan INDONESIA RETAIL MARKETING AWARD, hubungi Rina di 08121115653 atau rina.apriliawati@swamail.com.

Lis Hendriani

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

10 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

11 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

24 hours ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

1 day ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

1 day ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

1 day ago