Tumbuh 12%, Pendapatan XL Ditopang Layanan Data

Berdasarkan laporan kinerja yang diterima MIX, pendapatan XL Axiata sepanjang semester pertama 2014 meningkat 12 persen sebesar Rp 11,6 Triliun, dibandingkan periode yang sama di tahun 2013. Pertumbuhan tersebut terutama ditopang oleh pendapatan layanan data, yang menurut laporan juga tumbuh sebesar 45 persen.

"Kami kembali melihat adanya peningkatan penggunaan layanan data secara signifikan hingga 158% dari tahun lalu," kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL. Menurutnya, kontribusi layanan data meningkat dari 22 persen menjadi 28 persen terhadap total pendapatan dari pemakaian. Sedangkan untuk percakapan dan SMS, keduanya tumbuh 5 persen dibandingkan 2013. Total pendapatan dari pemakaian tumbuh 14 persen dari 2013.

Pertumbuhan pendapatan yang diterima XL tersebut juga tidak lepas dari semakin meningkatnya jumlah pengguna operator ini. Pengguna smartphone XL mencapai 21% dari total pelanggan atau sebanyak 13,3 juta pelanggan selama kuartal pertama 2014.

Lebih rinci XL melaporkan bahwa jumlah pelanggannya kini sebanyak 62,9 juta pelanggan. Angka ini mencerminkan peningkatan 16% dibandingkan tahun lalu. Dari jumlah itu, 32,2 juta pelanggan atau 51% adalah pelanggan data.

Beberapa hal yang dilakukan XL terkait layanan data dalam periode ini termasuk mempromosikan kembali paket data Unlimited, paket bundling (HTC One Mini, Blackberry Z3, Samsung Galaxy Trend Lite) hingga kerja sama dengan Samsung untuk mencocokkan perangkat dan layanan data XL.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)