Majalah MIX MarComm Gelar Indonesia’s Best Corporate Sustainability Initiatives ke-7

Pada anugerah Indonesia's Best Corporate Sustainability Initiatives 2022, Majalah Mix mengelompokkan peserta ke dalam tujuh kategori, yaitu:

  • Creative Philantrophy, yakni cara kreatif dalam memberikan kontribusi langsung kepada gerakan kebaikan.
  • Employee Volunteering, yakni mendukung dan mendorong karyawan perusahaan untuk berkontribusi kepada sebuah gerakan kebaikan (cause) tertentu.
  • Cuase Promotion, yakni upaya perubahan perilaku khalayak sasaran melalui pembangkitan atau peningkatan awareness dan kepedulian masyarakat.
  • Corporate Social Marketing, yakni mengampanyekan perubahan perilaku dan memastikan terjadinya perubahan perilaku tersebut dengan sumberdaya yang dimiliki perusahaan.
  • Responsible Business Practices, yakni praktik bisnis dan investasi perusahaan yang mendukung sebuah cause (gerakan) tertentu.
  • Circular Economy atau Zero Waste Practices yang merupakan alternatif atau antitesis dari ekonomi linear (produksi-penggunaan–pembuangan).
  • Creating Shared Value, yakni menciptakan kebijakan baru dan atau prosedur operasi perusahaan yang memungkinkan perusahaan memaksimalkan pendapatannya, sementara itu perusahaan juga menawarkan manfaat tambahan bagi komunitas lokal. Kategori ketujuh ini dikembangkan oleh Michael Porter dan Mark Kramer pada 2011. Sedangkan konsep Circular Economy sudah lebih dahulu dikembangkan.

Dewan juri yang dilibatkan untuk menilai peserta program, adalah Herry Ginanjar (Ambassador of International Association for Risk and Crisis Communications/IARCC); Aloysius Wiratmo (Program Development and Engagement Director IBCSD); Restu Pratiwi (Social Development Specialis); serta Edhy Aruman selaku Senior Editor Majalah MIX Marcomm.

Selain rekognisi Corporate Sustainability Initiatives, sejak 2020 Mix MarComm memperluas anugerah ini ke kategori people dengan meluncurkan kategori Corporate Sustainability Warrior yang terdiri dari dua kategori, yaitu Warrior Top Leader dan Warrior Team.

Sustainability Warrior Top Leader ialah pemimpin di perusahaan yang berperan besar dalam mendorong perusahaannya untuk selalu berkontribusi menciptakan dunia yang lebih baik melalui berbagai inisiatif yang mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sedangkan Sustainability Warrior Team adalah tim di perusahaan yang dinilai solid dan sukses melaksanakan program inisiatif keberlanjutan perusahaan.  Yang terbaru lagi dari anugerah ini ialah hadirnya kategori baru Corporate Ecosystem. Kategori ini merujuk pada ekosistem di perusahaan yang memungkinkan perusahaan dapat melaksanakan inisiatif keberlanjutan dengan lebih mudah, lebih terarah, dan lebih efektif. 

Untuk memenangkan rekognisi ini, partisipan harus mengikuti tiga tahap penjurian. Penjurian tahap I dilakukan dengan mengevaluasi materi yang disubmit (oleh partisipan) maupun berasal dari hasil riset redaksi. Penjurian tahap II dilakukan melalui wawancara tatap muka melalui platform Zoom (termasuk penjurian untuk Corporate Sustainability Warriors). Selanjutnya, finalisasi dilakukan melalui diskusi di dalam grup juri. 

"Kriteria penilaian program, didasarkan pada empat aspek, yakni konsep, eksekusi atau pelaksanaan, potensi dampak, dan keberlanjutan. Sementara itu, untuk kriteria penilaian Sustainability warriors, didasarkan pada visi jangka panjang perusahaan, roadmap CSR perusahaan, visi korporasi dalam mendukung SDGs, peran top leader dalam perencanaan program, dan keterlibatan multistakeholders," papar Lis.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)