Melissa Juminto, TOKOPEDIA "Indonesia’s Best Corporate Sustainability Warrior 2021" Top Leader Category

MIX.co.id - Saat masuk ke tim di Tokopedia pada tahun 2012, Melissa Siska Juminto dipercaya untuk membangun tim bisnis dan marketing yang solid. Hal itu tidak sia-sia, sebab ia berhasil meraih penghargaan untuk kampanye bertajuk “Ciptakan Peluangmu di Tokopedia”. Melalui kampanye itu, Melissa mengajak pengguna Tokopedia untuk mulai menciptakan peluang menjadi wirausaha, dimulai dari hal kecil.

Dari semula mengurusi marketing, Melissa kemudian didapuk menjadi Chief of Staff Tokopedia. Tugasnya memastikan semua divisi, tidak hanya di bisnis dan marketing, bergerak di jalur yang tepat. Uniknya, di Tokopedia ada istilah khusus untuk memanggil karyawan mereka yakni "Nakama". Istilah itu diambil dari Bahasa Jepang yang bermakna "teman" atau "keluarga".

Yup, gaya kepemimpinan Melissa memang sangat kental dengan warna dan semangat ‘kekeluargaan’. Melissa Juminto, satu dari sembilan orang yang menduduki posisi puncak di perusahaan dan terpilih dalam Powering Asia’s Future mengatakan, budaya ‘kekeluargaan’ di Tokopedia didukung oleh jajaran direksi dalam rangka mempertahankan dan menjaga pemahaman para pegawai mengenai misi perusahaan.

Hal itu sangat penting dan terbukti mampu membantu setiap orang dalam organisasi mencapai tingkat kematangan dan kapasitas dalam kecepatan yang sama yang diperlukan oleh organisasi untuk berkembang.

Melissa banyak menghabiskan waktunya dengan menuntut ilmu di luar negeri. Namun, usai mendapatkan gelar sarjana di Uninversitas Washington, ia kembali ke Tanah Air dan kemudian berkiprah sepenuh hati di Tokopedia. (bin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)